Polres Tapsel Petakan 13 Titik Rawan Bencana di Tapsel dan Paluta dalam Operasi Lilin Toba 2023

Kamis, 21 Desember 2023 – 06:00 WIB
Polres Tapsel Petakan 13 Titik Rawan Bencana di Tapsel dan Paluta dalam Operasi Lilin Toba 2023 - JPNN.com Sumut
Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Imam Zamroni saat berbincang dengan korban penganiayaan pelajar yang viral di sosial media. Foto: Humas Polres Tapanuli Selatan

sumut.jpnn.com, TAPANULI SELATAN - Polres Tapanuli Selatan memetakan beberapa wilayah rawan potensi terjadi bencana yang akan diantisipasi dalam Operasi Lilin Toba 2023 selama periode mudik Natal dan Tahun Baru. Beberapa wilayah yang dikategorikan rawan tersebut tersebar di Kabupaten Tapanuli Selatan dan Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta).

Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Imam Zamroni mengatakan pemetaan beberapa wilayah yang berpotensi rawan bencana alam itu akan diantisipasi dengan menempatkan personel.

“Ada beberapa wilayah di Kabupaten Tapanuli Selatan dan Kabupaten Padanglawas Utara yang sudah kami petakan terkait kerawanan bencana alam. Kami mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi bencana alam di beberapa wilayah tersebut,” kata AKBP Imam Zamroni, Rabu (20/12).

Dia menjelaskan di Kabupaten Tapanuli Selatan, Kecamatan Sipirok menjadi wilayah dengan potensi terjadi bencana gempa bumi. Sedangkan Kecamatan Angkola Sangkunur, Batang Angkola, Sayur Matinggi dan Angkola Selatan, memiliki kerawanan banjir.

Selanjutnya, potensi tanah longsor berada di beberapa wilayah seperti di Kecamatan Sipirok, Marancar, Kecamatan Angkola Selatan dan Angkola Barat.

“Sedangkan di Kabupaten Padanglawas Utara kami sudah memetakan ada empat wilayah yang memiliki potensi kerawanan bencana alam baik banjir maupun tanah longsor,” ujar Imam Zamroni.

Dari empat wilayah tersebut, lanjutnya, Kecamatan Simangambat menjadi wilayah dengan kerawanan terjadinya banjir. Sedangkan tiga wilayah lainnya, Kecamatan Batang Onang, Kecamatan Padang Bolak dan Kecamatan Hulu Sihapas, memiliki kerawanan bencana longsor.

Selain kerawanana bencana alam, AKBP Imam Zamroni mengatakan pihaknya juga mengantisipasi terjadinya tindak pidana seiring dengan meningkatkan jumlah masyarakat yang datang ke objek-objek wisata di wilayah hukum Polres Tapanuli Selatan.

Polres Tapsel memetakan sebanyak 13 wilayah di Kabupaten Tapanuli Selatan dan Padanglawas Utara yang memiliki kerawanan terjadi bencana alam longsor dan banjir
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News