Update Banjir Bandang Simalungun, BPBD: Tidak Ada Korban Jiwa

Kamis, 21 Desember 2023 – 18:42 WIB
Update Banjir Bandang Simalungun, BPBD: Tidak Ada Korban Jiwa - JPNN.com Sumut
Banjir bandang yang terjadi yang terjadi di Desa Nagori, Kecamatan Haranggaol Horison, Kabupaten Simalungun. Foto: Antara/HO-Dok BPBD Simalungun

sumut.jpnn.com, SIMALUNGUN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara menyebut berdasarkan data sementara tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir bandang yang melanda permukiman warga di Nagori Purba Pasir, Kecamatan Haranggaol Horisan, Kabupaten Simalungun, yang terjadi Rabu (20/12) sore.

Penata Penanggulangan Bencana Ahli Muda BPBD Sumut Sofian di Medan mengatakan banji bandang yang menerjang permukiman warga di Dusun 2 Binanga Bolon berasal dari Air Terjun.

“Banjir terjadi pada Rabu sekira pukul 17.00 WIB yang diduga berasal dari Air Terjun Binanga Bolon. Dari data sementara yang kami himpun, tidak ada korban jiwa dalam bencana alam ini,” kata Sofian di Medan, Kamis (21/12).

Dia menjelaskan dampak banjir bandang yang terjadi menyebabkan kerugian material seperti kerusakan rumah hingga fasilitas umum yang rusak.

Berdasarkan data yang diterima, ada dua unit rumah warga yang hanyut diterjang banjir serta beberapa makam rusak.

Selain itu ia menjelaskan aliran listrik dan lalu lintas dari Kecamatan Haranggaol menuju Tigaras mengalami gangguan akibat banjir tersebut.

"Ada sekitar 15 orang terdampak, tetapi untuk jumlah pengungsi data pastinya belum kami terima," kata Sofian.

Sofian menyebut BPBD Sumut sudah berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk peninjauan ke seluruh lokasi terdampak banjir.

Banjir bandang menerjang permukiman warga di Kabupaten Simalungun, BPBD Sumut sampaikan kondisi terkini penanganan di lokasi banjir
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News