BMKG: Waspada Hujan Lebat di Sebagian Wilayah Sumut pada Sore dan Malam Hari

Kamis, 05 Oktober 2023 – 17:29 WIB
BMKG: Waspada Hujan Lebat di Sebagian Wilayah Sumut pada Sore dan Malam Hari - JPNN.com Sumut
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan ringan hingga lebat akan terjadi di sejumlah wilayah Sumatera Utara. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca di sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut) dengan inensitas ringan hingga lebat pada sore dan malam hari, Kamis (5/10).

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Aryo Prasetyo Mulyo mengimbau agar masyarakat mewaspadai potensi hujan yang dapat menyebabkan bencana alam.

"Atas kondisi tersebut masyarakat diimbau agar waspada karena potensi hujan dengan intensitas lebat tersebut dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor," kata Aryo Prasetyo Mulyo.

Aryo menjelaskan secara umum kondisi cuaca di Sumatera Utara pad pagi hari rata-rata cerah berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan.

Potensi hujan ringan diprakirakan terjadi di wiayah Deli Serdang, Serdang Bedagai, Asahan, Simalungun, Toba, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara dan sekitarnya.

Beranjak siang dan sore hari, potensi hujan ringan hingga lebat di prediksi terjadi di seluruh wilayah Sumatera Utara. Potensi hujan lebat berpeluang terjadi di wilayah Langkat, Karo, Deli Serdang, dan sekitarnya.

Sedangkan pada malam hari, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat terjadi di Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Karo, Dairi, Serdang Bedagai, Pakpak Bharat, Sibolga, Tapanuli Utara, Padangsidempuan, Padanglawas Utara, Tapanuli Selatan dan sekitarnya.

Sementara pada dini hari, potensi hujan masih terjadi di beberapa wilayah Padangsidempuan, Padanglawas Utara dan sekitarnya.

BMKG memprakirakan sejumlah wilayah Sumatera Utara (Sumut) akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat, berikut wilayahnya..
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News