BMKG: Sebagian Wilayah Sumut Hujan Lebat yang Disertai Angin Kencang

Rabu, 20 September 2023 – 17:16 WIB
BMKG: Sebagian Wilayah Sumut Hujan Lebat yang Disertai Angin Kencang - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - BMKG mengimbau masyarakat di Sumatera Utara untuk mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor akibat hujan deras di sebagian wilayah Sumatera Utara. Foto: Dokumen JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prakiraan cuaca di Sumatera Utara (Sumut) hari ini, Rabu (20/9). BMKG menyampaikan sebagian wilayah di Sumut diguyur hujan dengan intensitas lebat yang diiringi petir dan angin kencang pada sore hari.

Prakirawan BBMKG Wiayah I Medan Endah Paramita mengatakan potensi hujan diprediksi berpeluang terjadi di kawasan pegunungan, lereng Timur dan lereng Barat, Sumatera Utara.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, angin kencang dan longsor,” kata Endah Paramita, Rabu (20/9).

Dia menjelaskan secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang. Potensi hujan diprakirakan akan terjadi di wilayah Kepulauan Nias dan sekitarnya.

Beranjak siang dan sore hari, kata Endah, kondisi cuaca rata-rata berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.

Potensi hujan dengan intensitas lebat diramala terjadi di wilayah Kepulauan Nias, Binjai, Langkat, Deli Serdang, Karo, Kota Medan, Dairi, Pakpak Bharat, Simalungun.

Selanjutnya, potensi hujan terjadi di Pematangsiantar, Asahan, Humbahas, Taput, Tapteng, Madina, Padang Sidempuan, Padang Lawas, Paluta, Labusel, Labuhanbatu, Asahan, Tebing Tinggi, Batubara dan sekitarnya.

Sedangkan beranjak malam hari, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat dapat terjadi di wilayah Kepulauan Nias dan sekitarnya.

BMKG mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan yang dapat menyebabkan banjir dan longsor di sebagian wilayah Sumatera Utara
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia