Keren, Siswa Indonesia Jefferson Sunjoto Temukan Teknologi Penggerak Perahu Nelayan Tanpa BBM

Kamis, 24 Agustus 2023 – 19:38 WIB
Keren, Siswa Indonesia Jefferson Sunjoto Temukan Teknologi Penggerak Perahu Nelayan Tanpa BBM - JPNN.com Sumut
Siswa kelas XII Jakarta Intercultural School (JIS) Jefferson Sunjoto saat presentasi di dalam acara Jakarta Scholar Symposium (JSS) yang digelar di Soehana Hall, Energy Building Jakarta, Rabu (23/8/2023). Foto: ANTARA/HO- JIS

sumut.jpnn.com, JAKARTA - Seorang siswa Indonesia bernama Jefferson Sunjoto menemukan teknologi terbaru yang memungkinkan nelayan dapat berlayar tanpa menggunakan bahan bakar minyak (BBM).

Siswa kelas XII Jakarta Intercultural School (JIS) ini mengembangkan perangkat lunak yang dapat menggerakkan perahu tanpa harus bergantung pada BBM jenis Solar seperti saat ini.

“Perangkat lunak ini memadukan tenaga angin dan tenaga surya untuk menggerakkan perahu berlayar tanpa menggunakan Solar,” kata Jefferson di Jakarta, Kamis (24/8).

Dia mengatakan teknologi temuannya itu tak hanya menguntungkan bagi nelayan, tetapi juga bagi lingkunga karena mengurangi pencemaran udara. Menurutnya, selama ini nelayan di Indonesia bergantung pada ketersediaan bahan bakar Solar yang harganya terus naik.

Jefferson menyebut investasi untuk mengembangkan temuannya itu memang cukup mahal untuk tahap awal. Namun, teknologi tersebut mampu menghemat biaya cukup besar karena perahu dapat bergerak tanpa bahan bakar.

Hal tersebut disampaikanJefferson pada presentasi hasil penelitiannya dalam acara Jakarta Scholar Symposium (JSS) yang digelar di Soehana Hall, Energy Building Jakarta.

JSS merupakan organisasi non profit independen yang dibentuk untuk memberi kesempatan kepada generasi muda Indonesia untuk meningkatkan kesadaran atas masalah-masalah yang paling signifikan di dunia saat ini.

Jefferson merupakan salah satu siswa dari 10 siswa yang berpartisipasi dalam JSS Volume II tahun ini yang bertema 'Computing for the Future'. Kesepuluh siswa tersebut berasal dari sekolah Internasional Jakarta Intercultural School (JIS) dan British School Jakarta (BSJ).

Seorang siswa di Indonesia bernama Jefferson Sunjoto menemukan teknologi yang memungkinkan nelayan dapat berlayar tanpa bergantung dengan BBM
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia