2 Pendaki yang Hilang di Gunung Sibuatan-Karo Ditemukan Selamat, Begini Kondisinya

Senin, 21 Agustus 2023 – 14:06 WIB
2 Pendaki yang Hilang di Gunung Sibuatan-Karo Ditemukan Selamat, Begini Kondisinya - JPNN.com Sumut
Tim SAR melakukan pencarian terhadap dua pendaki yang dilaporkan hilang di Gunung Sibuatan, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut). Foto: Dokumentasi Basarnas Medan

sumut.jpnn.com, KARO - Kantor Basarnas Medan dan tim SAR akhirnya menemukan dua pemuda yang tersesat saat melakukan pendakian di Gunung Sibuatan Desa Pancur Batu, Kecamatan Merek Situnggaling, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Minggu (20/8).

Kepala Kantor Basarnas Medan Budiono mengatakan kedua pemuda yang dilaporkan tersesat di Gunung Sibuatan itu, yakni Ofa Daniel (25) warga Pasaman, Sumatera Barat dan Rayzon (25) warga Panai Tonga.

"Setelah dilakukan pencarian oleh dua regu, Pada Minggu (20/8) sekitar pukul 10.45 WIB, kedua korban ditemukan dalam keadaan selamat dan sehat berada. Keduanya ditemukan berada di luar jalur wisata berjarak sekitar 4 Km dari posko utama," kata Budiono dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (21/8).

Budiono mengatakan dalam proses pencarian kedua pendaki ini pihaknya menurunkan dua SRU (Search Rescue Unit) dengan cara penyisir menggunakan tipe 1 dan tipe 3.

Tim juga melakukan pelacakan melalui jalur yang dilalui korban saat mendaki dan turun dari puncak Gunung Sibuatan.

Dia menjelaskan peristiwa hilangnya dua pendaki di Gunung Sibuatan berawal dari kedua korban dan tiga orang temannya melakukan pendakian ke puncak melalui jalur Pancur Batu. Pada Sabtu (19/8) sekira pukul 12.00 WIB rombongan turun menuju pos registrasi.

"Setibanya di pos registrasi, kedua korban sudah tidak terlihat bersama rombongan. Setelah menunggu beberapa jam tetapi korban tidak kunjung turun," tutur Budiono.

Teman-teman korban kemudian melakukan pencarian di jalur yang dilintasi hingga beberapa kilometer, tetapi kedua korban tak kunjung ditemukan.

Dua pendaki yang dilaporkan hilang di Gunung Sibuatan ditemukan selamat
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News