Wagub Sumut Ijeck Kagum 'Pasar Kamu' Denai Lama Jadi Magnet Wisatawan

Senin, 21 Agustus 2023 – 06:00 WIB
Wagub Sumut Ijeck Kagum 'Pasar Kamu' Denai Lama Jadi Magnet Wisatawan - JPNN.com Sumut
Penjual panganan tradisonal, salah satu spot favorit yang diburu wisatawan saat berkunjung ke Desa Wisata Kampoeng Lama, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Foto: deliserdangkab.go.id

sumut.jpnn.com, DELI SERDANG - Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah atau Ijeck menyebut Pekan Sarapan Karya Anak Muda (Pasar Kamu) yang berada di Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, telah menjadi magnet bagi wisatawan.

Hal tersebut disampaikan Ijeck saat kembali berkunjung ke lokasi desa wisata yang masuk dalam kategori Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 itu. Menurutnya, pasar kuliner yang menyediakan panganan tradisional itu telah berkembang pesat.

"Perkembangan Pasar Kamu ini luar biasa. Sekarang semua sudah teratur termasuk pondok tempat warga berjualan," kata Wagub Sumut Ijeck, Minggu (20/8).

Selain itu, pasar panganan tradisional ini juga telah melibatkan semua masyarakat yang ada di desa. Pasar Kamu bukan saja menjadi tempat berburu kuliner tradisional tetapi juga menjadi tempat pelestarian adat.

Penduduk setempat menggelar acara Pasar Kampung Mengemping Padi di lokasi untuk memberikan ruang kepada anak-anak sanggar tari memperkenalkan budaya-budaya di setiap daerah.

"Ini sangat bagus untuk pelestarian adat kita. Jadi nilai edukasi untuk anak-anak yang datang ke sini. Mereka paham budaya-budaya di daerah kita," tutur Ijeck.

Selain sebagai upaya pelestarian budaya, Pasar Kamu saat ini telah menjadi sumber pendapatan ekonomi bagi masyarakat di Desa Denai Lama. Pasar panganan tradisional ini juga telah menjadi magnet bagi wisatawan dari berbagai daerah.

"Dari saya datang sebelumnya, sekarang pengunjung yang datang ke sini makin ramai. Bukan hanya dari Kota Medan saja, melainkan wisatawan dari daerah lainnya juga datang ke sini. Desa ini berhasil menjadi magnet wisatawan," ungkap Ketua DPD Partai Golkar Sumut ini.

Wagub Sumut Musa Rajekshah kagum dengan perkembangan Pasar Kamu Desa Denai Lama yang menjadi magnet wisatawan
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia