Desa Wisata Kampoeng Lama di Deli Serdang Masuk Nominasi ADWI 2023

Rabu, 19 Juli 2023 – 16:59 WIB
Desa Wisata Kampoeng Lama di Deli Serdang Masuk Nominasi ADWI 2023 - JPNN.com Sumut
Penjual panganan tradisonal, salah satu spot favorit yang diburu wisatawan saat berkunjung ke Desa Wisata Kampoeng Lama, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Foto: deliserdangkab.go.id

sumut.jpnn.com, DELI SERDANG - Tim penilai Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) memilih Desa Wisata Kampoeng Lama, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) sebagai nominasi dalam 75 besar ADWI tahun 2023.

Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar di Labuk Pakam mengatakan sangat mengapresiasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), lembaga pemerintah, pihak swasta dan stakeholder lainnya yang membantu dan memberi dukungan sehingga Desa Wisata Kampoeng Lama masuk dalam nominasi ADWI tahun ini.

"Kami berharap kunjungan tim penilai yang merupakan bagian dari Penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2023 Nominasi 75 Besar, memberikan kesempatan bagi Desa Wisata Kampoeng Lama untuk menjadi desa wisata terbaik di Sumatera Utara dan Indonesia," kata HM Ali Yusuf, Rabu (19/7).

Dia menjelaskan bahwa Desa Wisata Kampoeng Lama memiliki keindahan alam berupa hamparan hijau persawahan yang membentang dan menjadi panorama pendukung untuk menarik pengunjung datang saat akhir pekan.

Menurutnya, Desa Wisata Kampoeng Lama banyak dikunjungi wisatawan yang hendak berburu kuliner saat sarapan pagi dengan ditemani alunan musik tradisional.

Selain menyajikan keindahan alam dan kelezatan panganan tradisional, desa yang masuk nominasi 75 besar ADWI 2023 ini juga memiiki empat spot pendukung wisata berbasis pendidikan, seperti sanggar seni tradisional dan pendidikan karakter, pelatihan musik dan tari tradisional untuk anak-anak dan remaja sekitar.

"Penguatan anak-anak dan remaja melalui pendidikan yang variatif, tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak dan remaja, termasuk bagi para pengunjung. Kami yakin dengan peralatan dan permainan tradisional akan kembali mengajak anak-anak maupun pengunjung untuk lebih mencintai daerahannya," ungkapnya.

HM Ali Yusuf mengungkapkan bahwa saat ini Desa Wisata Kampoeng Lama telah membangun kerjasama melalui nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan berbagai perguruan tinggi, terutama Politeknik Pariwisata Medan serta menjalin bisnis dengan perbankan dan ditetapkan menjadi lokus Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Tahun 2022.

Desa Wisata Kampoeng Lama, Kabupaten Deli Serdang, masuk dalam nominasi 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News