Pertamina Sanksi SPBU yang Salah Isi BBM ke Puluhan Kendaraan di Sumut: Sebulan Tak Dapat Pasokan Pertalite

Selasa, 27 Februari 2024 – 18:28 WIB
Pertamina Sanksi SPBU yang Salah Isi BBM ke Puluhan Kendaraan di Sumut: Sebulan Tak Dapat Pasokan Pertalite - JPNN.com Sumut
Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga Susanto August Satria saat memberikan keterangan terkait sanksi terhadap SPBU di Patumbak yang salah isi jenis BBM. Foto: Tangkapan layar video

sumut.jpnn.com, MEDAN - Pertamina Patra Niaga Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) memberikan sanksi kepada pihak Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dengan nomor 14.203.180 yang berada di Jalan Pertahanan, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. SPBU tersebut terbukti melakukan tindakan di luar prosedur yaitu salah mengisi jenis BBM ke tangki pendam sehingga menyebabkan puluhan kendaraan terkontaminasi.

Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga Susanto August Satria mengatakan sanksi tersebut diberikan setelah pihaknya melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap peristiwa yang terjadi.

“Pertamina Patra Niasa telah memberikan sanksi berupa penghentian pasokan BBM jenis Pertalite selama sebulan,” kata Susanto August Satria dalam pernyataan resmi yang diterima, Selasa (27/2).

August Satria menjelaskan berdasarkan pantauan Pertamina, keterangan konsumen dan pengakuan pihak manajemen, bahwa terjadi kesalahan dalam proses pengisian tangki pendam jenis Pertalite yang diisi oleh jenis BBM lain.

Pertamina Patra Niaga Sumbagut, lanjut August, juga telah menginstruksikan kepada pihak manajemen SPBU untuk bertanggung jawab atas dampak yang ditimbulkan dari kesalahan tersebut.

“Kami sudah mendapat laporan dari SPBU bahwa mereka telah menangani beberapa kendaraan yang terkontaminasi oleh jenis BBM yang bukan peruntukannya untuk mendapat penanganan dan perawatan di bengkel,” ujar Susanto August Satria.

Sebelumnya, Susanto August Satria menyampaikan penjelasan terkait peristiwa salah isi jensi BBM yang dialami beberapa konsumen di SPBU di Jalan Pertahanan, Patumbak.

Dia membenarkan bahwa dalam insiden yang terjadi di SPBU tersebut disebabkan oleh kesalahan manusia atau human error. Kondisi tersebut terjadi pada saat proses pengisian BBM dari truk tangki ke tangki pendam di SPBU, pada Senin (26/2).

Pertamina Patra Niaga Sumbagut memberikan sanksi tegas kepada manajemen SPBU di Sumatera Utara yang salah mengisi jenis BBM kepada puluhan kendaraan pelanggan
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News