Pemerintah akan Terbitkan Golden Visa, Pemegangnya Bukan Orang Biasa, Salah Satunya CEO ChatGPT

Selasa, 01 Agustus 2023 – 15:59 WIB
Pemerintah akan Terbitkan Golden Visa, Pemegangnya Bukan Orang Biasa, Salah Satunya CEO ChatGPT - JPNN.com Sumut
Luhut Pandjaitan. Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

sumut.jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) berencana akan menerbitkan visa khusus atau golden visa kepada warga negara asing (WNA) dengan kriteria khusus.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut warga asing yang masuk kriteria pemegang golden visa adalah mereka yang memiliki intelektual tinggi, seperti peneliti hingga orang berpengaruh.

“Ada kriterianya (pemegang visa khusus), orang-orang yang punya kapasitas intelektual yang tinggi, punya ‘researchers’ dari ‘top university’, orang-orang yang berpengaruh seperti (CEO) ChatGPT Sam Altam,” kata Luhut saat ditemui di Istana Kepresidenan, Selasa (1/8).

Dia mengatakan orang-orang berpengaruh seperti CEO OpenAI yang populer dengan teknologi kecerdasan buatan atau ChatGPT Sam Altman masuk dalam kategori pemegang golden visa yang sebentar lagi akan diterbitkan.

Menurut Luhut, Presiden RI Jokowi akan memberikan golden visa kepada Sam Altman lantaran ia sering berkunjung ke Indonesia.

"Presiden tadi juga, karena dia mau dan sering ke Indonesia, ya kita kasih," kata Luhut.

Pemerintah akan segera menerbitkan aturan dan mengharmonisasikan terkait visa khusus tersebut pada lintas kementerian dan lembaga melalui Kemenko Kemaritiman dan Investasi yang dipimpin Luhut Binsar Pandjaitan.

Revisi peraturan pemerintah (PP) sebagai payung hukum penerbitan golden visa ditargetkan akan rampung pada satu pekan ke depan.

Pemerintah akan segera menerbitkan visa khsusus atau golden visa bagi WNA dengan kriteria khusus
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia