BMKG: Waspada Potensi Hujan Lebat di Sebagian Wilayah Sumut

Jumat, 14 Juli 2023 – 15:13 WIB
BMKG: Waspada Potensi Hujan Lebat di Sebagian Wilayah Sumut - JPNN.com Sumut
BMKG memprediksi potensi hujan akan terjadi di sejumlah wilayah Sumatera Utara dalam dua hari ke depan. Ilustrasi Foto : Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut).

Prakirawan Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Lestari Irene Purba mengingatkan warga terhadap potensi banjir dan bencana hidrometeorologis lainnya.

"Waspada perubahan cuaca tiba-tiba yaitu hujan lebat yang diiringi guntur dan angin kencang di pantai timur dan lereng timur Sumatera Utara yang dapat memicu terjadinya genangan air, banjir, dan bencana hidrometeorologis lainnya," kata Lestari Irene Purba di Medan, Jumat (14/7).

Dia menjelaskan secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang yang diiringi petir.

Kondisi tersebut, lanjutnya, dapat terjadi di kawasan pantai Timur Sumatera Utara.

Sedangkan pada sore hari, cuaca berawan dan berpotensi terjadi hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah, seperti Kabupaten Langkat, Kota Binjai dan sekitarnya.

Beranjak malam hari, cuaca masih berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang, yang terjadi di Langkat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Mandailing Natal, dan sekitarnya.

Pada dini hari berawan dan berpotensi hujan ringan yang diiringi petir di Langkat, Binjai, Deli Serdang, dan sekitarnya.

BMKG memprediksi sebagian wilayah Sumut berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan meminta masyarakat mewaspadai potensi banjir
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia