DJSN Imbau Masyarakat Tetap Bawa KIS dan BPJS saat Mudik Lebaran

Jumat, 14 April 2023 – 15:29 WIB
DJSN Imbau Masyarakat Tetap Bawa KIS dan BPJS saat Mudik Lebaran - JPNN.com Sumut
Ratusan pengendara sepeda motor yang hendak mudik Lebaran. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) mengimbau masyarakat tetap membawa Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu BPJS Kesehatan saat mudik untuk merayakan Idulfitri 1444 Hijriah.

Anggota DJSN dari unsur Serikat Pekerja Andy William Sinaga mengingatkan bahwa intensitas pergerakan masyarakat untuk mudik akan mulai masif sepekan sebelum Lebaran, terutama di daerah yang akan menggunakan moda angkutan darat seperti di Pulau Sumatera dan Jawa.

Dia memperkirakan mudik tahun ini akan lebih masif dari tahun-tahun sebelumnya sehingga perjalanan mudik akan sangat melelahkan.

"Untuk itu, kami mengimbau agar ketika mudik Lebaran para pemudik membawa KIS dan Kartu BPJS Kesehatan untuk mengantisipasi sakit akibat kelelahan selama dalam perjalanan maupun setibanya di kampung halaman masing-masing," katanya.

Andy menyebut dengan membawa kartu KIS dan BPJS Ketenagakerjaan para pemudik dapat menggunakan fasiitas kesehatan tingkat pertama dan fasilitas kesehatan swasta yang merupakan mitra BPJS di daerah tujuan pemudik.

Dia juga mengimbau agar BPJS Kesehatan membuka posko pelayanan mudik di sekitar jalan tol yang digunakan pemudik seperti seperti Tol Cikampek, Cipali dan Tol Sumatera.

Kepada rumah sakit yang merupakan mitra BPJS Kesehatan diminta juga memberikan pelayanan maksimal bagi pemudik yang terkena sakit akibat kelelahan dalam perjalanan mudik.

"Perlindungan akan jaminan sosial maksimal bagi masyarakat yang melakukan mudik khususnya perlindungan jaminan kesehatan perlu dilakukan agar masyarakat yang melakukan mudik dapat merasa aman dan nyaman dengan dukungan BPJS Kesehatan dan perangkat kesehatan lainnya," pungkasnya.(antara/jpnn)

Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) mengimbau pemudik yang akan Lebaran di kampung halaman agar tetap membawa kartu KIS dan PBJS Kesehatan

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News