BMKG Imbau Warga Sumut Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang yang Berpotensi Banjir

Rabu, 29 Maret 2023 – 16:14 WIB
BMKG Imbau Warga Sumut Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang yang Berpotensi Banjir - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Banjir dan longsor melanda beberapa wilayah Sumatera Utara. Foto: BPBD Sumut

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara (Sumut) hari ini, Rabu (29/3).

BMKG mengimbau masyarakat di Sumut untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas lebat dan angin kencang yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Lestari I Purba mengatakan sebagian wilayah di Sumut hari ini pada sore dan malam berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Dia mengimbau masyrakat untuk mewaspadai prakiraan hujan lebat yang disertai angin kencang dan banjir, terutama di wilayah Pegunungan, Lereng Timur, Lereng Barat dan Pantai Barat Sumatera Utara.

"Kondisi tersebut harus diwaspadai karena berpotensi dapat menyebabkan banjir dan longsor," katanya.

Lestari menyebut secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari terpantau cerah berawan dan berpeluang terjadi hujan ringan di Kepulauan Nias.

Sedangkan beranjak sing dan sore hari, kondisi cuaca berawan dan berpeluang hujan ringan hingga sedang di sebagian wiayah Sumut.

Potensi hujan sedang diprakirakan terjadi di wilayah Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Samosir, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Sibolga, Simalungun, Padang Lawas, Padang Sidempuan dan Mandailing Natal.

BMKG mengimbau masyarakat Sumatera Utara (Sumut) untuk mewaspadai potensi hujan lebat dan angin kencang yang bisa menyebabkan banjir dan longsor
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia