Prakiraan Cuaca di Sumut, BMKG Imbau Warga Waspada Banjir dan Longsor

Senin, 27 Maret 2023 – 16:54 WIB
Prakiraan Cuaca di Sumut, BMKG Imbau Warga Waspada Banjir dan Longsor - JPNN.com Sumut
BMKG menyampaikan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara (Sumut) yang berpotensi terjadinya bencana alam banjir dan longsor. Ilustrasi Foto: Antara/Irsan Mulyadi

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem di Sumatera Utara (Sumut) yang berpotensi mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Aryo Prasetyo Mulyo mengatakan sebagian wilayah di Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

"Kepada masyarakat diingatkan agar tetap waspada hujan sedang hingga lebat di sertai angin kencang dan badai petir di wilayah lereng Barat, pantai Barat, dan pegunungan Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir dan longsor," kata Aryo, Senin (27/3).

Dia menjelaskan bahwa secara umum cuaca di Sumut pada Senin siang dan sore berawan dan berpeluang hujan ringan hingga sedang.

Hujan dengan intensitas sedang terjadi di wilayah Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Toba, Samosir, Tapanuli Utara, Padang Sidempuan, Labuhan Batu, Mandailing Natal, Kepulauan Nias, dan sekitarnya.

Sedangkan beranjak malam hari berawan dan berpeluang hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Hujan sedang berpotensi dapat terjadi di wilayah Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah, Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara, Padang Sidempuan, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Sementara, suhu udara diprediksi berada di angka 16.0-34.0 derajat Celsius, kelembapan udara berada pada 65-98 persen dan angin berhembus dari Barat Laut-Timur Laut dengan kecepatan 10-20 kilometer per jam.(antara/jpnn)

BMKG menyampaikan peringatan dini cuaca untuk wilayah Sumatera Utara (Sumut) dan meminta warga mewaspadai potensi banjir dan longsor

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News