Ribuan Santri di Pesantren Ar Raudlatul Hasanah Gelar Tradisi Tadarus Al Qur'an Massal

Sabtu, 25 Maret 2023 – 22:06 WIB
Ribuan Santri di Pesantren Ar Raudlatul Hasanah Gelar Tradisi Tadarus Al Qur'an Massal - JPNN.com Sumut
Ribuan santri Pesantren Ar Raudhatul Hasanah Medan saat menggelar tadarusan massal. Foto: Dokumentasi pribadi untuk Sumut.JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Pesantren Tarbiyah Islamiyah Ar Raudlatul Hasanah Medan kembali menggelar tradisi tadarus Al Qur'an. Tadarus unik, yakni dengan membentuk lingkaran dan melibatkan ribuan santri ini merupakan tradisi saat Ramadan.

Sekretaris Pesantren Ar Raudlatul Hasanah Ustaz Mar'an Sabuqi Siregar mengatakan tadarus dengan membentuk lingkaran sudah menjadi tradisi yang dilakukan rutin saat Ramadan.

"Sudah 10 tahun lebih dilakukan seperti ini. Kegiatan ini dilakukan setelah salat zuhur dan ashar pada bulan suci Ramadan saja," ucapnya, Sabtu (25/3).

Usataz Mar'an menjelaskan tadarus Al Qur'an secara melingkar di masjid ini diikuti 1.700 santri dan 1.900 santriwati yang digelar di tempat terpisah yang sudah disediakan.

"Jadi pria dan wanita dipisah, satu kelompok lingkaran itu ada 15 sampai 20 orang santri. Mereka masing-masing bergiliran membaca, dan ada yang memperbaiki, ya seperti itu tadarus Al Quran," ucapnya.

Mar'an menyebut beberapa tahun belakangan saat pandemi Covid-19, tadarus santri yang dilakukan dengan melingkar saat Ramadan ini sempat ditiadakan.

Tradisi itu pernah digelar saat Covi-19 di tahun 2021, namun dengan formasi yang berbeda.

Tadarus dengan membentuk lingkaran ini sudah dua kali dilakukan setelah dicabutnya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang dilakukan oleh pemerintah.

Ribuan santri di Pesantren Tarbiyah Islamiyah Ar Raudlatul Hasanah Medan menggelar tadarusan dengan metode melingkar
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News