Prakiraan Cuaca Sumut, BMKG: Wilayah Pegunungan Berpotensi Hujan Lebat, Warga Diminta Waspada

Sabtu, 18 Februari 2023 – 19:46 WIB
Prakiraan Cuaca Sumut, BMKG: Wilayah Pegunungan Berpotensi Hujan Lebat, Warga Diminta Waspada - JPNN.com Sumut
Prakiraan cuaca Sumatera Utara (Sumut) hari ini. Grafis: Antara/HO

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan diri cuaca di sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut). Warga diminta untuk mewaspadai potensi hujan lebat yang dapat menyebabkan banjir.

Prakirawaan Balai BMKG Wilayah I Medan Budi Prasetyo mengatakan diprediksi hujan akan terjadi di wilayah pegunungan dan lereng Sumatera Utara.

"Hujan dengan intensitas lebat berpotensi terjadi sore dan malam hari," kata Budi Prasetyo di Medan, Sabtu (18/2).

Dia menjelaskan secara umum cuaca di Sumut dalam dua hari ke depan pada siang dan sore hari berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.

Beberapa wilayah berpotensi terjadi hujan tersebut, yakni Kepulauan Nias, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Deli Serdang, Langkat, Serdang Bedagai, Simalungun, Tapanuli Utara dan sekitarnya.

Sedangkan beranjak malam hari, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat dirama akan terjadi di wilayah Mandailing Natal (Madina), Toba, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Samosir, Padanglawas, dan Padanglawas Utara.

Selanjutnya, wilayah yang berpotensi diguyur hujan, yakni Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Asahan, Tanjungbalai dan sekitarnya.

Sementara, suhu udara dipredikis berada di 18.0-32.0 Derajat Celsius dengan kelembapan udara 65-98 persen. Sedangkan angin berembus dari Barat Laut-Timur Laut dengan kecepatan 10-30 kilometer per jam.(antara/jpnn)

BMKG memprakirakan sebagian wilayah di Sumatera Utara (Sumut) berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News