F1 Powerboat, BPODT Gandeng Warga Sediakan Homestay Bagi Wisatawan

Sabtu, 04 Februari 2023 – 06:00 WIB
F1 Powerboat, BPODT Gandeng Warga Sediakan Homestay Bagi Wisatawan - JPNN.com Sumut
Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan F1H2O yang akan diselenggarakan di Danau Toba, Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut) pada 24-26 Februari 2023. Foto: f1h2o.com

sumut.jpnn.com, BALIGE - Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPODT) terus mendorong masyarakat berpartisipasi dalam menyukseskan gelaran F1 Powerboat Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut) pada 24-26 Februari mendatang.

Direktur Utama BPODT Jimmy Bernando Panjaitan mengatakan pihaknya akan menggandeng warga di Kecamatan Balige untuk menyediakan home stay bagi wisatawan saat perhelatan balapan perahu cepat itu.

"Mengingat jumlah wisatawan yang akan datang pada kegiatan F1 Powerboat diprediksi lebih dari 20 ribu orang, maka kami mengajak masyarakat agar menjadikan rumahnya sebagai penginapan dengan konsep rumah tinggal atau home stay," kata Jimmy Panjaitan di Balige, Jumat (3/2).

Dia menjelaskan pelibatan masyarakat dalam mensukseskan gelaran internasional pertama di Indonesia ini, dengan menyediakan home stay adalah dampak ekonomi nyata yang diharapkan pemerintah.

Jimmy mengatakan peluang secara ekonomi ini juga diharapkan akan memupuk kesadaran masyarakat untuk melihat dampak positif dari pengembangan pariwisata di Danau Toba.

"Dalam gelaran F1H2O ini BPODT berperan dalam promosi dan penyelenggaraan side event dengan mendorong masyarakat menyediakan home stay," ujarnya.

Menurutnya, penyediaan rumah tinggal (home stay) dengan memanfaatkan rumah warga di seputaran Kecamatan Balige, mendapat dukungan dari HKBP.

Jimmy mengungkapkan F1H2O mendapatkan apresiasi dari HKBP di Kabupaten Toba lantaran sport tourism ini mampu memberikan manfaat kepada masyarakat, terutama akan mendorong perekonomian warga sekitar.

BPPODT mengajak masyarakat setempat di wilayah Balige untuk menyediakan home stay bagi wisatawan yang akan menyaksikan gelaran F1 Powerboat di Danau Toba
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News