Pemkot Medan Targetkan 2023 TPA Terjun Terapkan Sistem Sanitary Landfill

Senin, 30 Januari 2023 – 12:22 WIB
Pemkot Medan Targetkan 2023 TPA Terjun Terapkan Sistem Sanitary Landfill - JPNN.com Sumut
Tumpukan sampah menggunung pada tempat pembuangan akhir (TPA) Terjun di Medan, Sumut. Foto: ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan

sumut.jpnn.com, MEDAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Medan menargetkan penggunaan sistem sanitary landfill di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Terjun pada Maret 2023.

Sanitary landfill adalah metode pemusnahan sampah dengan cara menimbun dan memadatkan sampah kedalam lubang cekung yang ada di tanah.

"Di Maret ini TPA baru yang menerapkan sistem 'sanitary landfill' selesai dibangun," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan Suryadi Panjaitan di Medan, Minggu (29/1).

Suryadi mengatakan proses pembangunan sistem pemusnahan sampah tersebut merupakan suatu kemajuan di TPA dengan lahan empat hektare dalam pengelolaan sampah di Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara (Sumut) itu.

Sistem ini bakal mengurangi potensi gangguan lingkungan yang menimbun sampah memakai tanah secara periodik, sehingga membuat kawasan sekitar tidak tercemar.

Diketahui, Pemkot Medan pada 2018 di TPA Terjun menerapkan sistem open dumping, dan sejak tahun lalu dilakukan perbaikan dengan menerapkan sistem sanitary landfill tahun ini.

"Boleh datang dan lihat ke TPA Terjun sekarang. Bau nggak lagi?. Saya rasa enggaklah. Saya juga baru dari sana saya sampai naik ke atas," bebernya.

Menurutnya, sistem sanitary landfill sangat baik salah satunya mengurangi bau dari sampah karena mengalami pembusukan di dalam tanah.

Pemkot Medan menargetkan penggunaan sistem sanitary landfiil di TPA terjun akan dimulai pada 2023
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News