ABK KM Cendrawasih yang Hilang di Selat Malaka Ditemukan Tim SAR

Rabu, 11 Januari 2023 – 08:30 WIB
ABK KM Cendrawasih yang Hilang di Selat Malaka Ditemukan Tim SAR  - JPNN.com Sumut
Evakuasi jenazah ABK kapal KM Cendrawasih yang bertabrakan dengan kapal tanker di perairan Selat Malaka. Foto: Dokumentasi Basarnas Medan

sumut.jpnn.com, MEDAN - Tim SAR akhirnya menemukan seorang anak buah kapal (ABK) KM Cendrawasih yang bertabrakan dengan kapal tanker di perairan Selat Malaka beberapa waktu lalu.

Kepala Kantor Basarnas Medan Budiono mengatakan korban bernama Rudy (32) merupakan warga Kabupaten Batubara, Sumatera Utara (Sumut).

"Korban ditemukan malam tadi sekitar pukul 20.10 Wib di sekitar perairan Selat Malaka oleh kapal KM Deli Jaya yang pada saat itu sedang melintas di sekitar lokasi,” kata Budiono dalam keteragan tertulis Selasa (10/1).

Budiono selaku Search Mission Coordinator (SMC) menjelaskan korban merupakan juru masak di kapal KM Cendrawasih yang mengalami kecelakaan di perairan Selat Malaka.

Dia mengatakan korban langsung dievakuasi melalui Belawan dan selanjutnya diserahkan kepada pihak keluarga.

“Sebelumnya pada Jumat (6/1/2023) kapal ikan KM Cendrawasih yang berlayar menuju perairan Selat Malaka untuk mencari ikan. Namun, saat itu karena kondisi gelombang tinggi, kapal memutuskan lego jangkar,” ujarnya.

Nahas saat pada saat kondisi kapal sedang lego jangkar tiba-tiba kapal tanker yang tidak diketahui namanya langsung menabrak kapal KM Cenderawasih yang mengakibatkan kapal langsung karam.

Saat itu, lanjutnya, kapal penangkap ikan itu membawa 11 orang itu langsung berhamburan meloncat ke laut. Sebanyak 10 ABK berhasil menyelamatkan diri, satu orang dilaporkan hilang.

Tim SAR akhirnya menemukan jenazah seorang ABK kapal KM Cendrawasih yang bertabrakan dengan kapal tanker di perairan Selat Malaka
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News