7 Destinasi Wisata di Sumut yang Tak Kalah Memesona dari Danau Toba, Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

Minggu, 25 Desember 2022 – 21:44 WIB
7 Destinasi Wisata di Sumut yang Tak Kalah Memesona dari Danau Toba, Cocok untuk Liburan  Akhir Tahun - JPNN.com Sumut
Suasana di Danau Siais, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan. Foto: Instagram/@fery.koencoro

sumut.jpnn.com, SUMATERA UTARA - Provinsi Sumatera Utara (Sumut) adalah salah satu provinsi dengan destinasi wisata super prioritas nasional dari lima destinasi di Indonesia, yakni Danau Toba. Danau yang terbentuk dari letusan hebat Gunung Toba itu kini menjadi destinasi wisata yang sangat memesona.

Namun, selain Danau Toba, berbagai daerah di Sumatera Utara teryata menyimpan keindahan alam yang patut Anda kunjungi dan menjadi rekomendasi tempat liburan di akhir tahun.

Berikut JPNN Sumut rangkum destinasi wisata yanga ada di Sumut yang tak kalah menarik dari Danau Toba:

Kabupaten Tapanuli Selatan

Kabupaten Tapanuli Selatan terletak di sebelah Selatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Kabupaten ini dahulunya memiliki wilayah yang sangat luas degan Ibu Kota Padangsidimpuan. Namun, pada akhirnya wilayahnya dimekarkan dan membentuk beberapa kabupaten, yakni Mandailing Natal, Kota Padangsidimpuan, Padang Lawas Utara, dan Padang Lawas Selatan. Setelah pemekaran, ibu kota kabupaten ini pindah ke Sipirok.

Kabupaten Tapanuli Selatan secara umum dilintasi oleh pegununangn Bukit Barisan, Sehingga setiap sudut wilayah ini akan terbentang gugusan bukit-bukit yang disebut sebagai “tulang punggung” Pulau Sumatera itu.

Wilayah ini masih memiliki daerah reservasi air di kawasan hutan Batang Toru yang masih kaya akan flora dan fauna yang sudah langka seperti kancil, rusa, kelinci, harimau, kucing hutan, tapir, anggrek hutan dan lain-lain. Kabupaten Tapanuli Selatan ternyata menyimpan destinasi wisata yang cukup indah dan akan menghadirkan pengalaman wisata baru bagi Anda saat berkunjung.

Danau Siais

7 Destinasi Wisata di Sumut yang Tak Kalah Memesona dari Danau Toba, Cocok untuk Liburan  Akhir Tahun

7 destinasi wisata yang memesona di Sumatera Utara (Sumut) dan tidak kalah indah dari Danau Toba ini bisa menjadi rekomendasi tempat liburan akhir tahun Anda
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News