3 Desa di Sumut Ini Dinobatkan Sebagai Desa Wisata Terbaik di Indonesia, Apa Saja?

Selasa, 01 November 2022 – 06:00 WIB
3 Desa di Sumut Ini Dinobatkan Sebagai Desa Wisata Terbaik di Indonesia, Apa Saja? - JPNN.com Sumut
Desa wisata Tigarihit di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Foto: Antara/HO

sumut.jpnn.com, MEDAN - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menobatkan tiga desa di Sumatera Utara (Sumut) menjadi desa wisata terbaik di Indonesia melalui ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022.

Ketiga desa yang terpilih itu, yakni Desa Hilisimaetano di Kabupaten Nias Selatan, Desa Kampung Warna Warni Tigarihit di Kabupaten Simalungun dan Desa Buluh Duri di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Zumri Sulthony berharap prestasi tiga desa wisata tersebut mampu menjadi semangat bagi desa-desa wisata lain dalam mengembangkan potensi wisata yang ada.

"Penghargaan yang diraih ini kami harap dapat memotivasi desa wisata lainnya di Sumatera Utara agar dapat memanfaatkan potensi yang ada baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia," kata Zumri di Medan, Senin (31/10).

Dia mengajak seluruh pemangku kebijakan di Sumut untuk terus mengembangkan potensi wisata dan sumber daya manusia (SDM) di desa. Sektor pariwisata, lanjutnya, mampu berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian.

Dengan capaian tiga desa wisata yang telah meraih predikat terbaik di Indonesia, diharapkan dapat membangkitkan potensi desa-desa lainnya.

"Kami berharap semoga prestasi ini dapat ditingkatkan di masa yang akan datang untuk kepariwisataan keberlanjutan," ungkapnya.

Penganugerahan ADWI 2022 ini digelar di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Minggu malam (30/10) dengan mengusung tema "Dari Desa untuk Indonesia Bangkit".

Kemenparekraf menobatkan tiga desa wisata di Sumatera Utara sebagai desa wisata terbaik se-Indonesia dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News