Aktivitas PT SMGP Memakan Korban, Seratusan Warga Puncak Sorik Marapi Keracunan, Dinkes Dirikan Posko

Jumat, 23 Februari 2024 – 19:10 WIB
Aktivitas PT SMGP Memakan Korban, Seratusan Warga Puncak Sorik Marapi Keracunan, Dinkes Dirikan Posko - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Warga Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, mengalami keracunan gas H2S saat mendapat perawatan medis. Foto: Dokumentasi Walhi Sumut

sumut.jpnn.com, MANDAILING NATAL - Puluhan warga di Desa Sibanggor Julu dan Desa Sibanggor Tonga, Kecamatan Pucak Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mengalami keracunan gas yang diduga dari aktivitas perusahaan pembangkit listrik PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP).

Dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Madina, jumlah korban keracunan gas berjumlah 102 orang.

“Sejumlah warga yang mengalami keracunan gas harus mendapatkan perawatan medis, di antaranya 55 orang di RSUD Panyabungan dan 47 lainnya dirawat di RS Permata Madina,” kata Kadis Kesehatan Madina Muhammad Faisal Situmorang, Jumat (23/2).

Dia mengatakan pihaknya telah mendirikan posko layanan kesehatan bagi masyarakat yang menjadi korban keracunan gas di Kecamatan Puncak Sorik Marapi.

Ada dua posko yang telah disiapkan untuk mengantisipasi situasi susulan, yaitu di Desa Sibanggor Julu dan di Desa Sibanggor Tonga.

“Dua posko kami siagakan di masing-masing desa yang terdampak keracunan gas,” ujar Faisal Situmorang.

Faisal mengatakan dari beberapa warga yang mengalami keracunan, sebagian besar keluhan mereka adalah sakit kepala, mual dan pusing.

Saat ini, lanjutnya, pihakny fokus pada pemulihan kondisi korban yang dirawat. Beberapa pasien kondisi kesehatannya mulai membaik.

Seratusan warga di dua desa Kecamatan Puncak Sorik Marapi mengalami keracunan diduga dari gas aktivitas pembangkit listrik PT SMGP di Kabupaten Madina
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News