Kolaborasi BPJS Ketenagakerjaan dan Seniman Mural, Ajak Pekerja Rentan Lindungi Diri dengan Jaminan Sosial

Kamis, 01 Desember 2022 – 17:31 WIB
Kolaborasi BPJS Ketenagakerjaan dan Seniman Mural, Ajak Pekerja Rentan Lindungi Diri dengan Jaminan Sosial  - JPNN.com Sumut
Mural sosialisasi dari BPJamsostek bagi pekerja rentan agar melindungi diri dari risiko kerja melalui program jaminan sosial ketenagakerjaan di salah satu titik keramaian di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Foto: Dokumentasi Komunitas Mural Medan

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) bersama seniman mural di Kota Medan berkolaborasi mengedukasi pekerja rentan terkait pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan.

Edukasi tentang pentingnya jaminan sosial bagi pekerja rentan itu dilakukan melalui karya mural di salah satu tembok di Jalan Iskandar Muda Baru, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan.

Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) Henky Rhosidien mengatakan kesadaran untuk mempersiapkan jaminan sosial menjadi hal penting bagi pekerja mengingat risiko kerja yang tidak dapat diprediksi dan dihindari.

Kendati tidak bisa diprediksi dan dihindari, namun dampak risiko kerja tersebut dapat diminimalisir salah satunya melalui program jaminan sosial.

"Pekerja rentan adalah pekerja yang bukan penerima upah (PBU), misalnya sopir ojek, pelaku UMKM, pedagang, petani, nelayan, pekerja keagamaan, pekerja sosial, hingga petugas rukun tetangga (RT). Sehingga saat terjadi risiko kerja, maka tentu akan langsung berdampak pada perekonomian keluarganya," kata Henky Rhosidien di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (1/12).

Mengingat pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja rentan, pihaknya bersama seniman mural melakukan kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di Kota Medan secara kreatif, yakni melalui seni mural.

Karya mural bertema "Kerja Keras Bebas Cemas" itu berada di pusat kota yang menjadi sentral aktivitas masyarakat.

"Melalui sarana mural ini kami mengimbau dan menumbuhkan kesadaran masyarakat khusunya pekerja rentan. Sarana penyampaian pesan ini sengaja kami kemas dengan lebih kreatif dan kekinian melalui mural, sebagai upaya untuk mengingatkan bahwa setiap pekerjaan memiliki risiko yang harus diantisipasi," bebernya.

BPJamsostek berkolaborasi dengan seniman mural untuk mengajak pekerja rentan untuk melindungi diri dari risiko kerja melalui jaminan sosial ketenagakerjaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News