Gempa Cianjur, PMI: Korban Meninggal 56 Orang, 40 Merupakan Anak-anak

Senin, 21 November 2022 – 19:03 WIB
Gempa Cianjur, PMI: Korban Meninggal 56 Orang, 40 Merupakan Anak-anak - JPNN.com Sumut
Reruntuhan bangunan pascagempa M 5,6 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022). Foto: ANTARA/HO-BNPB

sumut.jpnn.com, BANDUNG - Palang Merah Indonesia (PMI) mencatat 56 korban meninggal dunia dalam bencana gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dengan magnitudo 5,6 pada pukul 13.21 WIB, Senin (21/11).

Komandan Korps Sukarela PMI Cianjur Ujang Muhammad mengatakan 56 orang itu terdiri atas 40 anak-anak dan sisanya merupakan orang dewasa.

"Yang tercatat total korban luka dan meninggal itu jumlahnya ada 120 orang," kata Ujang di Cianjur, Jawa Barat.

Dia mengatakan saat ini PMI terus melakukan pendataan terkait jumlah rinci korban terdampak gempa. Para korban saat ini sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cianjur.

Sebelumnya, gempa terjadi pada pukul 13.21 WIB di titik koordinat 6.84 LS, 107.05 BT, sebelah barat daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kemudian gempa susulan yang cukup keras pun terjadi sekitar pukul 16.23 WIB.

Akibatnya sejumlah bangunan yang ada di Kabupaten Cianjur mengalami rusak hingga runtuh. Foto-foto dan video kerusakan bangunan warga pun tersebar di media sosial.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa itu juga terasa di wilayah Bandung Raya, Sukabumi, Garut, Jakarta, hingga Tangerang. Namun gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami karena gempa terjadi di daratan.(antara/jpnn)

PMI mencatat 56 korban meninggal dunia dalam gempa bumi magnitudo 5,6 yang mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News