BMKG Imbau Warga Sumut Waspadai Hujan Lebat Berpotensi Banjir dan Longsor

Senin, 21 November 2022 – 13:27 WIB
BMKG Imbau Warga Sumut Waspadai Hujan Lebat Berpotensi Banjir dan Longsor - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Petugas Basarnas saat melakukan evakuasi sejumlah warga dari lokasi banjir di Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) dan Kabupaten Asahan. Foto: Dokumentasi BPBD Labura

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara (Sumut). Warga diminta mewaspadai potensi hujan lebat di pegunungan yang bisa menyebabkan banjir dan longsor.

Prakirawan BMKG Wilayah I Medan Lestari I P di Medan mengatakan sebagian wilayah di Sumut masih berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, pada sore dan malam hari.

"Waspada potensi hujan lebat di wilayah Lereng Timur, Pantai Timur, Pantai Barat, dan pegunungan Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir dan longsor," kata Lestari, Senin (21/11).

Dia menjelaskan secara umum cuaca di Sumut dalam dua hari ke depan, pada pagi hari rata-rata berawan.

Sedangkan beranjak siang hingga sore hari, diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di wilayah Sumatera Utara.

Namun, beberapa wilayah diprakirakan akan diguyur hujan lebat seperti di Langkat, Mandailing Natal, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu, dan sekitarnya.

Sementara beranjak malam hari, beberapa wilayah berpotensi diguyur hujan ringan hingga sedang.

Sedangkan beberapa wilayah ini diprakirakan akan diguyur hujan lebat, seperti Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Simalungun, Mandailing Natal, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Asahan, Toba, Pakpak Bharat, Humbahas, Labusel, Labura, Labuhanbatu.

BMKG memprediksi sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) berpotensi diguyur hujan ringan hingga lebat yang berpotensi banjir dan longsor
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia