7 Anak Alami Gagal Ginjal Akut Misterius di Sumut, Enam Orang Meninggal Dunia

Selasa, 18 Oktober 2022 – 18:30 WIB
7 Anak Alami Gagal Ginjal Akut Misterius di Sumut, Enam Orang Meninggal Dunia  - JPNN.com Sumut
Dokter Spesialis Anak Konsultan Nefrologi RSUPH Adam Malik Medan Rosmayanti Syafriani Siregar (tengah), saat memberikan keterangan soal gagal ginjal akut di Sumut, di RSUPH Adam Malik Medan, Selasa (18/10). Foto: Dokumentasi pribadi untuk JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Sebanyak tujuh orang anak di Sumatera Utara (Sumut) tercatat mengidap gagal ginjal akut misterius. Dari ketujuh anak tersebut, enam diantaranya dinyatakan meninggal dunia.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Nefrologi RSUPH Adam Malik Medan Rosmayanti Syafriani Siregar menyebut ketujuh anak tersebut sempat dirawat di RSUPH Adam Malik Medan. Namun, sayangnya, hanya satu pasien yang bisa diselamatkan.

"Kami di RSUP H Adam Malik dari bulan Juli- Oktober ini sudah merawat atau mendapatkan pasien dengan jenis gangguan ginjal akut progresif atipikal ini sebanyak tujuh kasus. Di Adam Malik sejauh ini cuma satu (yang berhasil diselamatkan,red), sisanya meninggal dunia," kata Rosmayanti di RSUPH Adam Malik Medan, Selasa (18/10).

Rosmayanti mengaku terakhir pihaknya menangani satu pasien berusia 14 bulan pada Kamis (13/10) lalu. Anak tersebut memiliki keluhan sudah seminggu tidak buang air kecil.

Dia menyebut pihaknya telah melakukan pemeriksaan dan pengobatan terhadap anak tersebut. Namun, sayangnya, pasien itu meninggal pada dini hari tadi sekitar pukul 04.00 WIB tadi.

"Untuk pasien yang terkahir kami tangani meninggal dunia usia 1 tahun 2 bulan, sudah dirawat sejak hari kamis dan sudah kami lakukan pemeriksaan sejak hari Minggu, sudah kami berikan obat-obatan, dirawat di PICU dan tadi malam keburukan dan meninggal dunia tadi jam 04.00 WIB," ujarnya.

Rosmayanti mengatakan rentang usia para pasien yang terkena gagal ginjal akut itu usia 1-6 tahun.

"Yang masuk sama kami rata-rata 1-6 tahun yang datang ke rumah sakit ini," ungkapnya.

Tujuh kasus anak mengidap gagal ginjal akut misterius ditemukan di Sumatera Utara (Sumut). Enam anak di antaranya meninggal dunia
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia