Kadis Kominfo: Ada 11 Kasus Anak Alami Gagal Ginjal Akut Misterius di Sumut

Rabu, 19 Oktober 2022 – 06:00 WIB
Kadis Kominfo: Ada 11 Kasus Anak Alami Gagal Ginjal Akut Misterius di Sumut - JPNN.com Sumut
Plt Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus saat diwawancarai di kantornya, Selasa (18/10). Foto: Dinas Kominfo Sumut

sumut.jpnn.com, MEDAN - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mencatat terdapat 11 kasus anak yang mengidap gagal ginjal akut di wilayah tersebut.

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut Ilyas Sitorus memerinci dari total 11 anak itu, tujuh diantaranya sempat dirawat di RSUPH Adam Malik, sementara empat anak lainnya di rumah sakit lain di Kota Medan.

"Dari informasi yang kami terima, kasus gagal ginjal akut ada 11 di Sumut, antara lain tujuh di Rumah Sakit Adam Malik dan empat di rumah sakit lain di Kota Medan. Dari jumlah tersebut, enam kasus meninggal dan satu selamat yaitu Cuci," kata Ilyas Sitorus di kantornya, Jalan HM Said, Medan, Selasa (18/10).

Ilyas mengaku pihaknya melakukan berbagai tindakan penanganan agar kasus gagal ginjal akut ini tidak bertambah dan meluas.

Penanganan tersebut, lanjutnya, diantaranya mengimbau seluruh kabupaten/kota di Sumut agar segera memberi perhatian khusus dan melakukan tindakan penanganan.

Pemprov Sumut, kata Ilyas, juga telah mengeluarkan Surat Edaran kepada 33 kabupaten/kota, agar dinas kesehatan kabupaten/kota berkoodinasi dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL), Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) dan instansi lainnya, agar melakukan kewaspadaan dini.

"Diharapkan juga kabupaten/kota melakukan edukasi kepada semua lapisan masyarakat terkait apa-apa saja tanda tanda dari gagal ginjal akut tersebut agar tidak terlambat penanganannya," ujarnya.

Selain itu, Dinas Kesehatan Sumut juga akan menyelidiki secara epidemiologi ke rumah sakit dan ke masyarakat tempat tinggal si pasien tersebut.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mencatat ada 11 kasus anak yang mengidap gagal ginjal akut di Sumut.
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News