Jenderal Listyo Harus Copot Irjen Panca Buntut Tiga Anggotanya Terlibat Aksi Perampokan Motor Warga

Jumat, 14 Oktober 2022 – 19:18 WIB
Jenderal Listyo Harus Copot Irjen Panca Buntut Tiga Anggotanya Terlibat Aksi Perampokan Motor Warga - JPNN.com Sumut
Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak saat ditanya soal namanya yang masuk ke skema Kaisar Sambo dan Konsorsium 303, di Mapolda Sumut, Senin (22/8). Foto: Finta Rahyuni/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Direktur Eksekutif Lingkar Madani Ray Rangkuti meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menindaklanjuti tuntutan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sumut yang meminta agar Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak dicopot.

Dalam tuntutannya, HMI menilai Panca Simanjuntak gagal membina anak buahnya yang terlibat perampokan sepeda motor milik warga di Medan.

"Mestinya berbagai keluhan apalagi kemarin sudah didemo, menjadi sebab bagi atensi Kapolri untuk mengetahui lebih lanjut kiprah dari Kapolda Sumut ini," kata Ray dalam keterangan tertulisnya yang diterima JPNN Sumut, Jumat (14/10).

Ray menyebut beberapa hari lalu, HMI Sumut telah melakukan aksi protes terhadap Kapolda Sumut dan Kapolrestabes Medan terkait keterlibatan tiga polisi dari Satuan Samapta Polrestabes Medan itu.

Menurut Ray, tuntutan HMI Sumut merupakan bentuk keresahan masyarakat terhadap institusi Kepolisian. Untuk itu, dia meminta Jenderal Listyo Sigit Prabowo tak meremehkan keluhan masyarakat sipil terhadap kinerja institusinya di daerah.

Menurutnya, jika keluhan yang disampaikan para mahasiswa dalam aksi demonstrasi itu benar adanya, Kapolri wajib mencopot Panca dari jabatannya.

"Baiknya Kapolri tidak meremehkan berbagai keluhan masyarakat ini dan Kapolri juga jangan takut-takut kalau memang tindakan anak buahnya sangat meresahkan masyarakat, tentu segera lakukan pencopotan, penggantian, dan sebagainya," pungkasnya.

Dalam kasus upaya perampokan sepeda motor warga ini, ketiga polisi tersebut telah dijatuhi pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH). Namun, ketiganya mengajukan banding atas keputusan tersebut.(mcr22/jpnn)

Direktur Eksekutif Lingkar Madani Ray Rangkuti meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menindaklanjuti tuntutan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sumut yang

Redaktur : Muhlis
Reporter : Finta Rahyuni

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News