Perampok Nasabah Bank yang Pernah Beraksi di Malaysia Diringkus Polda Sumut, Lihat Tampangnya Tuh

Rabu, 13 September 2023 – 17:13 WIB
Perampok Nasabah Bank yang Pernah Beraksi di Malaysia Diringkus Polda Sumut, Lihat Tampangnya Tuh - JPNN.com Sumut
Seorang pelaku perampok nasabah bank (sebelah kiri) saat ditangkap tim gabungan Subdit III Polda Sumatera Utara. Foto: Antara/HO- Humas Polda Sumatera Utara

sumut.jpnn.com, MEDAN - Tim gabungan Polda Sumatera Utara menangkap komplotan perampok nasabah bank yang beraksi antarprovinsi di Pulau Sumatra dan Jawa. Bahkan, salah seorang dari komplotan ini pernah merampok nasabah bank di Penang, Malaysia.

Direktur Reserse Kriminal Polda Sumut Kombes Sumaryono menjelaskan keempat pelaku yang ditangkap berinisial US, UM, RM dan RT.

“Dari pengakuan RT bahwa ia pernah merampok nasabah bank di Penang dan mengambil tas berisi uang RM 10.000 atau sekitar Rp 25 juta,” kata Kombes Sumaryono, Rabu (13/9).

Kombes Sumaryono mengatakan dari pengakuan para pelaku, mereka setidaknya beroperasi di delapan lokasi di Pulau Sumatra dan Jawa, yakni di Teluk Kuantan, Pekan Baru (Riau), Padang Lawas, Tarutung, Lubuk Pakam, Deli Serdang (Provinsi Sumatera Utara), Majalengka, Bekasi (Jawa Barat), Provinsi Banten, Sungai Lilin (Sumatera Selatan), dan Jambi (Provinsi Jambi).

Komplotan ini telah melakukan aksi kejahatan dengan menarget nasabah bank sejak 2010. Diperkirakan lokasi perampokan yang mereka lakukan lebih dari delapan tempat.

“Total kerugian saat ini masih kami dalami, tetapi saat ini yang bisa kami perkirakan mencapai Rp 1 miliar,” ungkap Kombes Sumaryono.

Kombes Sumaryono menyebut saat diamankan petugas, komplotan ini ternyata sedang merencanakan perampokan terhadap nasabah bank di BRI Cabang Pembantu Harapan Tani, Kabupaten Indra Giri Hilir, Provinsi Riau.

Menurut para tersangka, target korban yang sudah mereka rencanakan akan mengambil uang ratusan juta di bank tersebut.

Tim gabungan Polda Sumut meringkus komplotan perampok nasabah bank yang beraksi di delapan lokasi di Pulau Sumatra dan Jawa
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News