Buntut Tragedi Kanjuruhan, Irjen Nico Afinta Dicopot dari Jabatan Kapolda Jatim, Ini Sosok Penggantinya

Senin, 10 Oktober 2022 – 22:47 WIB
Buntut Tragedi Kanjuruhan, Irjen Nico Afinta Dicopot dari Jabatan Kapolda Jatim, Ini Sosok Penggantinya - JPNN.com Sumut
Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta memberikan keterangan pers di Polres Malang, Minggu (2/10) dini hari. Foto: Vicki Febrianto/Antara

sumut.jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencopot Irjen Nico Afinta dari jabatannya sebagai Kapolda Jawa Timur (Jatim). Pencopotan tersebut ditengarai sebagai buntut dari tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 131 orang seusai laga Arema FC melawan Persebaya pada Sabtu (1/10) malam.

Mutasi terhadap mantan Kapolrestabes Medan itu tertuang dalam Surat Telegram Rahasia (STR) yang tersebar di kalangan awak media dengan Nomor: ST/2134/X/KEP, Tertanggal 10 Oktober 2022.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo membenarkan terkait informasi pencopotan Irjen Nico Afinta sebagai Kapolda Jatim itu.

"Betul sudah saya tanyakan ke SDM Polri," ujar Dedi kepada JPNN.com, Senin (10/10).

Dalam STR itu, Irjen Nico dimutasi dalam jabatan baru sebagai Staf Ahli Sosial dan Budaya (Sahlisosbud) Kapolri.

Sedangkan jabatan yang ditinggalkan Irjen Nico Afinta bakal diisi oleh Irjen Teddy Minahasa Putra yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sumatera Barat (Sumbar).

Sementara itu, jabatan Kapolda Sumatera Barat bakal diisi oleh Irjen Rusdi Hartono yang sebelumnya menjabat sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Jenderal bintang dua itu menegaskan mutasi terhadap Irjen Nico buntut tragedi Kanjuruhan, Malang, Jatim seusai laga Arema FC vs Persebaya pada Sabtu (1/10). Tragedi Kanjuruhan itu menyebabkan 131 orang meninggal dunia.

Irjen Nico Afinta dicopot dari jabatannya sebagai Kapolda Jawa Timur (Jatim) yang ditengarai buntut dari tragedi Kanjuruhan, ini sosok penggantinya
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia