Posko Darurat Gempa Taput Rehabilitasi 1.285 Rumah, 588 unit di Antaranya Rusak Berat

Jumat, 07 Oktober 2022 – 16:00 WIB
Posko Darurat Gempa Taput Rehabilitasi 1.285 Rumah, 588 unit di Antaranya Rusak Berat - JPNN.com Sumut
Kolase dampak gempa di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara. Foto: Antara

sumut.jpnn.com, TAPANULI UTARA - Gempa bumi yang melanda Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut), dengan magnitudo 6,0 pada Sabtu (1/10) menyebabkan setidaknya 1.285 rumah warga rusak.

Ketua Sekretariat Posko Penanganan Darurat Bencana Alam Gempa Bumi Tapanuli Utara (Taput) Indra Sahat Hottua Simaremare menyebut jumlah rumah yang terdampak gempa berdasarkan hasil verifikasi dan validasi yang dilakukan.

Indra Sahat mengatakan pihaknya telah melakukan rehabilitasi rumah warga yang terdampak gempa.

"Meski ada 2.626 unit rumah warga rusak yang dilaporkan, namun berdasarkan hasil verifikasi dan validasi data di sekretariat posko, hanya 1.285 rumah rusak yang akan direhabilitasi," kata Indra Sahat Hottua Simaremare di Tarutung, Jumat (7/10).

Dia menjelaskan rumah yang direhabilitasi sesuai kategori kerusakan. Berdasarkan data yang telah diverifikasi itu jumlah rumah yang mengalami kerusakan ringan 64 unit, 606 unit rusak sedang, serta 588 unit rumah mengalami kerusakan berat.

Rehabilitasi rumah warga yang rusak akibat gempa yang menjadi prioritas Posko Gempa Taput tersebar di 17 wilayah desa/kelurahan, yakni di Kecamatan Tarutung sembilan desa. Kecamatan Sipoholon tujuh desa, Kecamatan Parmonangan sembilan desa, Kecamatan Pagaran sembilan desa, Kecamatan Siatasbarita, dan Kecamatan Pahae Julu dua desa.

"Penanganan kerusakan rumah warga menjadi prioritas pertama agar segera memberikan rasa nyaman, dan aman bagi korban gempa bumi," sebutnya.

Menurut Indra, setelah penanganan rumah warga rampung, posko kemudian akan menangani sasaran selanjutnya seperti rumah ibadah, fasilitas umum, serta fasilitas milik pemerintah yang rusak.

Posko Bencana Gempa Tapanuli Utara (Taput) menyebut jumlah rumah warga yang terdampak gempa ada sebanyak 1.285 unit dengan kerusakan ringan hingga berat
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News