Gempa Bermagnitudo 4,5 Kembali Guncang Taput Sore Ini, Begini Peringatan BMKG

Kamis, 06 Oktober 2022 – 17:55 WIB
Gempa Bermagnitudo 4,5 Kembali Guncang Taput Sore Ini, Begini Peringatan BMKG - JPNN.com Sumut
Gempa dengan kekuatan 4,5 mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumut. Ilustrasi Foto: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

sumut.jpnn.com, TAPANULI UTARA - Gempa dengan magnitudo 4,5 mengguncang wilayah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut), Kamis (6/10).

Kepala BBMKG Wilayah I Medan Hendro Nugroho menyebut gempa itu terjadi sekitar pukul 15.30 WIB.

Berdasarkan analisa BMKG, gempa berlokasi pada jarak 9 kilometer barat laut Taput di kedalaman dua kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas sesar Sumatera pada segmen renun," ujarnya.

Hendro mengatakan dampak gempa ini dirasakan di sejumlah daerah.

Di Tarutung gempa dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela dan pintu berderik serta dinding berbunyi.

"Di Sibolga, Silangit, Sipahutar, Siborong-borong, Pagaran gempa terasa nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu dan di Humbanghasundutan, Dolok Sanggul serta Toba getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang," ungkap Hendro.

Dia menyebut gempa bumi ini masih termasuk rangkaian gempa yang terjadi pada Sabtu (1/10) lalu. Berdasarkan catatan pihaknya, hingga saat ini sudah terjadi ratusan kali gempa susulan.

Gempa dengan magnitudo 4,5 mengguncang wilayah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut), Kamis (6/10)
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia