Fakarich, Guru Indra Kenz Dituntut 8 Tahun Penjara

Kamis, 06 Oktober 2022 – 15:00 WIB
Fakarich, Guru Indra Kenz Dituntut 8 Tahun Penjara - JPNN.com Sumut
JPU saat membacakan tuntutan untuk Fakarich dalam persidangan di Pengadilan Negeri Medan, Kamis (6/10). Foto: Finta Rahyuni/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut Fakar Suhartami Pratama alias Fakarich dengan tuntutan delapan tahun penjara dalam kasus penipuan aplikasi Binomo.

Fakarich diketahui merupakan guru Indra Kenz itu yang juga merupakan tersangka kasus Binomo.

"Menuntut supaya majelis hakim PN Medan yang mengadili perkara ini, menjatuhkan pidana kepada terdakwa Fakar Suhartami Pratama dengan pidana penjara selama delapan tahun dikurangi selama terdakwa berada di dalam tahanan," kata JPU Chandra Naibaho saat persidangan di Pengadilan Negeri Medan, Kamis (6/10).

Selain pidana penjara, jaksa juga menuntut Fakar untuk membayar denda sebesar Rp 1 miliar dengan subsider satu tahun kurungan.

Dalam tuntutannya, jaksa turut menyampaikan hal yang memberatkan dan yang meringankan tuntutan terdakwa.

Adapun hal yang memberatkan karena perbuatan terdakwa meresahkan serta dilarang oleh pemerintah.

"Meringankan bahwa terdakwa bersifat sopan di depan persidangan, dan bahwa terdakwa mengakui terus terang dan menyesali perbuatannya, serta berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya, dan bahwa terdakwa belum pernah dihukum," sebutnya.

Dalam kasus ini, Fakar disangkakan melanggar Pasal 45 Ayat 2 Jo Pasal 27 Ayat 2 dan atau Pasal 45 Ayat 1 Jo Pasal 28 Ayat 1 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang IT Pasal 3, Pasal 5, Pasal 10 U Nomor 8 Tahun 2016 tentang TPPU dan atau Pasal 378 KUHPidana Jo Pasal 55 KUHPidana.(mcr22/jpnn)

Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut Fakar Suhartami Pratama alias Fakarich dengan tuntutan delapan tahun penjara dalam kasus penipuan aplikasi Binomo

Redaktur : Muhlis
Reporter : Finta Rahyuni

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia