Warga Diminta Waspada, BMKG: Kota Medan Memasuki Fase Kedua Musim Hujan

Sabtu, 24 September 2022 – 06:00 WIB
Warga Diminta Waspada, BMKG: Kota Medan Memasuki Fase Kedua Musim Hujan - JPNN.com Sumut
Kondisi banjir di Jalan Sei Batang Hari, Kecamatan Medan Sunggal, Medan, Kamis (18/8) pagi. Foto: Finta Rahyuni/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga Kota Meda, Sumatera Utara (Sumut) mewaspadai potensi hujan yang mulai terjadi di daerah tersebut.

Prakirawan BMKG Wilayah I Medan Utami Al Khairiyah mengatakan intensitas hujan di Kota Medan akan meningkat disebabkan telah memasuki fase kedua musim penghujanan tahun ini.

"Hujan yang terjadi di Kota Medan dan sekitarnya saat ini merupakan fase kedua, setelah di April tahun ini," kata Utami Al Khairiyah, Jumat (23/9).

Dia menjelaskan kondisi cuaca pada pagi dan siang hari akan panas terik. Namun, beranjak sore hingga malam akan cenderung mendung yang cenderung hujan.

Hal tersebut, lanjutnya, karena Kota Medan sudah memasuki musim hujan yang pucaknya diprediksi akan terjadi pada Oktober mendatang.

"Tapi ada peningkatan curah hujan menjadi sedang atau curah hujan sekitar 20 hingga 50 milimeter per hari. Tidak hanya di Medan, namun di Sumatera Utara secara umum, karena hujan yang terjadi merata," terangnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat Kota Medan dan sekitarnya agar mewaspadai titik genangan air yang berpotensi terjadi banjir dan meminta untuk membersihkan saluran air.

Untuk diketahui, Pemkot Medan mencatat jumlah genangan air di kota tersebut tahun lalu tercatat 1.514 titik, sehingga beberapa wilayah terendam banjir saat curah hujan tinggi terjadi pada November 2021 lalu.

BMKG meminta warga mewaspadai intensitas hujan yang akan terjadi disebabkan Kota Medan telah memasuki fase kedua musim hujan tahun ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News