BMKG Keluarkan Peringatan Dini, Warga Diminta Waspada, Ada Hujan Lebat dan Angin Kencang

Sabtu, 20 Agustus 2022 – 19:13 WIB
BMKG Keluarkan Peringatan Dini, Warga Diminta Waspada, Ada Hujan Lebat dan Angin Kencang - JPNN.com Sumut
BMKG memprediksi cuaca di wilayah Sumatera Utara (Sumut) pada malam hari akan diguyur hujan. Ilustrasi. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

sumut.jpnn.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini terhadap potensi cuaca buruk yang akan melanda sebagian wilayah di Sumatera Utara (Sumut).

Prakirawan BMKG Wilayah I Medan Christin di Medan mengatakan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai guntur dan angin kencang.

"Waspada hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi diiringi guntur dan angin kencang di wilayah pegunungan, lereng timur dan barat Sumatera Utara pada siang hingga malam hari," kata Christin Sabtu (20/8).

Potensi hujan sedang hingga lebat berpeluang terjadi di wilayah lereng barat, pegunungan Sumut seperti Tapanuli Tengah, Toba, Simalungun, Samosir dan Karo.

Beranjak malam, lanjut Christin, potensi hujan lebat diramal terjadi di kabupaten Karo, Langkat, Deli Serdang Binjai, Pematangsiantar dan Toba.

Sedangkan untuk suhu udara diperkirakan berada pada 17.0-33.0 Derajat Celsius dengan kelembapan udara 60-95 persen, dan angin berembus dari Tenggara-Barat Laut dengan kecepatan 10-30 kilometer per jam.

Sementara itu, kata Christin berdasarkan pantauan sensor modis melalui Satelit Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20, terpantau ada 21 titik panas atau hotspot di Sumatera Utara.

Hotspot tersebut yakni dua titik di Dairi, dua titik di Humbang Hasundutan, delapan titkk di Karo, dua titik di Sibolga dan masing-masing satu titik di Deli Serdang, Labuhanbatu Utara, Medan, Nias, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah dan di Tapanuli Utara.(antara/jpnn)

BMKG mengimbau warga untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai guntur dan angin kencang di beberapa wilayah Sumatera Utara, berikut penjelasannya

Redaktur & Reporter : Muhlis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News