Waspada, BMKG Pantau 27 Titik Panas di Sumut, Berikut Wilayah Sebarannya

Sabtu, 13 Agustus 2022 – 18:41 WIB
Waspada, BMKG Pantau 27 Titik Panas di Sumut, Berikut Wilayah Sebarannya - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - BMKG memantau sejumlah titik panas yang tersebar di beberapa wilayah di Sumut. Foto: Antara/HO

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau sejumlah titik panas atau hotspot di beberapa wilayah di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) hari ini, Sabtu (13/8).

Prakirawan BMKG Wilayah I Medan Defri Mandoza mengatakan berdasarkan pantauan pihaknya ada 27 titik panas atau hotspot yang tersebar di sepuluh wilayah di Sumut.

"Ke-27 titik panas tersebut diketahui berdasarkan pantauan sensor modis melalui Satelit Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20," kata Defri Mandoza.

Dia menjelaskan titik panas yang terpanatau sensor modis melalui satelit itu masing-masing yakni enam titik di Kabupaten Dairi, enam titik di Kabupaten Karo, satu titik di Labuhan Batu, satu titik di Labuhanbatu Utara.

Kemudian, tiga titik panas terpantau di Kabupaten Padanglawas Utara, dua titik di Kabupaten Samosir, dua titik di Kabupaten Toba, dan satu titik panas masing-masing di Serdang Bedagai, Tapanuli Selatan, serta Tapanuli Tengah.

Defri Mandoza menyampaikan prakiraan cuaca hari ini di Sumatera Utara (Sumut).

Potensi hujan ringan diprediksi akan terjadi di wilayah Kabupaten Langkat, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Batubara, Asahan dan Simalungun.

Kemudian, potensi hujan dengan intensitas ringan diramal juga terjadi di Samosir, Toba Samosir, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, dan sekitarnya.

BMKG menyebut teradapat ada 27 titik panas atau hotspot yang tersebar di sepuluh wilayah di Sumut, berikut sebarannya masing-masing

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News