Angka Karhutla di Sumut Meningkat 942 Persen dalam Sebulan, Edy Rahmayadi Keluarkan Perintah Tegas

Jumat, 12 Agustus 2022 – 19:30 WIB
Angka Karhutla di Sumut Meningkat 942 Persen dalam Sebulan, Edy Rahmayadi Keluarkan Perintah Tegas - JPNN.com Sumut
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak serta sejumlah pimpinan lainnya saat mengikuti Apel Siaga Karhutla di Lanud Soewondo, Medan, Jumat (12/8). Foto: Dinas Kominfo Sumut

sumut.jpnn.com, MEDAN - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyesalkan banyaknya hutan di Sumut yang terbakar dalam beberapa waktu terakhir.

Berdasarkan data yang diperolehnya, ada peningkatan titik api atau hotspot yang cukup signifikan pada bulan Juli 2022, yakni sebanyak 146 hotspot. Angka tersebut meningkat 942 persen dibanding dengan Juni 2022 yang hanya 14 titik.

Untuk itu, Gubernur Edy Rahamayadi meminta suruh pemangku kepentingan dan pihak terkait agar terus siap siaga.

Termasuk pemerintah daerah, TNI/Polri dan seluruh instansi terkait, serta organisasi pecinta lingkungan.

"Ini penting, para pemangku kepentingan dan seluruh pihak terkait harus siap siaga dan meningkatkan kewaspadaan, lakukan pencegahan, jangan sampai ada lagi titik api,” kata Edy Rahmayadi saat Apel Siaga Karhutla di Lanud Soewondo, Jumat (12/8).

Mantan Ketua Umum PSSI itu memerinci wilayah dengan hotspot terbanyak terjadi pada periode Januari-Juli 2022 antara lain di Kabupaten Tapanuli Utara (37 titik), Kabupaten Tapanuli Tengah (23 titik), Kabupaten Labuhanbatu (20 titik), Kabupaten Toba (18 titik) dan Kabupaten Tapanuli Selatan (5 titik).

Bahkan, dalam rentang waktu 5-9 Agustus 2022, terjadi kebakaran hutan di Kabupaten Samosir dengan hotspot sebanyak 46 titik. Dalam kejadian ini, seluas 392 hektare lahan hangus terbakar.

Edy Rahmayadi menjelaskan bahwa Sumut memiliki wilayah yang rentan mengalami kebakaran hutan yaitu dengan keberadaan hutan seluas 3,7 juta hektare dan lahan gambut seluas 261 ribu hektare.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyesalkan banyaknya hutan di Sumut yang terbakar dalam beberapa waktu terakhir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News