Minyak Sawit Merah Disebut Lebih Sehat Dibanding CPO, Mampu Cegah Stunting, Begini Penjelasannya

Kamis, 04 Agustus 2022 – 19:12 WIB
Minyak Sawit Merah Disebut Lebih Sehat Dibanding CPO, Mampu Cegah Stunting, Begini Penjelasannya - JPNN.com Sumut
Sampel minyak makan merah di Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS), Medan, Sumatera Utara, Kamis (9/6/2022). Foto: ANTARA/HO-KemenkopUKM

sumut.jpnn.com, JAKARTA - Minyak sawit merah atau Premium Palm Oil (PPO) mulai dilirik untuk dikembangkan sejak minyak goreng dari Crude Palm Oil (CPO) sempat langka di pasaran beberapa waktu lalu.

Ternyata, minyak sawit merah dengan kandungan fitonutrient adalah asupan vitamin alami bernutrisi tinggi. Bahkan, minyak sawit merah mampu menambah jumlah sel otak bayi sehingga mampu mencegah stunting.

Direktur Eksekutif Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) Sahat Sinaga menyatakan kandungan fitonutrient yang terdapat di dalam Premium Palm Oil (PPO) atau minyak sawit merah membuat lebih sehat dibandingkan Crude Palm Oil (CPO).

"Jadi PT Nusantara Green Energy (NGE) mulai menjaga kandungan fitonutrient untuk memberikan asupan vitamin alami bernutrisi tinggi ke masyarakat Indonesia," ujar dia yang juga menjabat sebagai Direktur Utama PT NGE, di Jakarta, Kamis.

Dia menjelaskan sejak tahun 1922, Belanda memperkenalkan teknologi kepada Indonesia untuk mengolah sawit. Namun, teknologi itu hanya mementingkan lemak sawit atau tak tertarik mengolah kandungan fitonutrient yang terdapat di minyak sawit.

Teknologi tersebut menggunakan wet process dan refining process yang membuat kandungan fitonutrient harus dibuang.

Hal tersebut karena tujuan utama Belanda adalah menghasilkan lemak sawit sebagai pengganti lemak binatang yang menjadi kebutuhan Eropa kala itu.

"Memasuki dekade 1980-an, Indonesia mulai menggunakan minyak sawit sebagai minyak goreng karena minyak kelapa yang bening itu sangat mahal. Karena itu, minyak sawit dibuat sebening mungkin supaya mirip minyak kelapa, namun efeknya adalah membuat fitonutrient mubazir (tak termanfaatkan)," ungkap dia.

Minyak sawit merah selain sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan minyak goreng masyarakat Indonesia, juga mengandung nutrisi tinggi dibanding CPO, Simak..
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News