Harimau Sumatera Si Cantik Citra Kartini Ditemukan Mati, Ada Pendarahan pada Organ

Jumat, 22 Juli 2022 – 20:49 WIB
Harimau Sumatera Si Cantik Citra Kartini Ditemukan Mati, Ada Pendarahan pada Organ - JPNN.com Sumut
Harimau Sumatra. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, KERINCI - Harimau Sumatera betina bernama Citra Kartini ditemukan mati di kawasan hutan di wilayah Desa Baru Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Jambi, pada Selasa (19/7).

Citra Kartini merupakan harimau dari Suaka Satwa (sanctuary) Barumun, Sumatera Utara, yang dilepasliarkan di zona inti kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) pada 8 Juni 2022 lalu.

Plt Kepala Balai Besar TNKS Pratono Puroso mengatakan sebelum ditemukan mati, pihaknya telah memantau pergerakan Citra melalui GPS collar sejak 23 Juni lalu.

Pemantauan ini dilakukan bersama dengan BBKTNKS, BBKSDA Sumatra Utara, BKSDA Jambi, dan Fauna Flora International- Indonesia Programme (FFI-IP) di Desa Renah Kayu Embun dan sekitarnya pada Kecamatan Kumun Debai, Kota Sungai Penuh.

"Kegiatan pencegahan dan penanggulangan konflik ini dilakukan sebagai tindak lanjut laporan masyarakat yang melaporkan penampakan Harimau Sumatera di lokasi," kata Pratono Puroso dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/7).

Kemudian, pada tanggal 28 Juni, pihaknya memasang kandang untuk menangkap dan mengevakuasi Citra Kartini. Namun pada tanggal 17-18 Juli pantauan data GPS collar menunjukkan tidak adanya pergerakan dari Citra Kartini.

Melihat itu, Tim Tiger Protection Conservation Unit (TPCU) Balai Besar TNKS mengecek ke lokasi titik GPS yang berjarak sekitar 800 m dari batas kawasan TNKS. Di sana Citra Kartini ditemukan sudah dalam keadaan mati.

Di hari yang sama, petugas lalu mengevakuasi Citra Kartini ke BBTN Kerinci Seblat.

Harimau Sumatera Citra Kartini merupakan harimau dari Suaka Satwa (sanctuary) Barumun, Sumatera Utara, ditemukan mati dengan kondisi organ mengalami pendarahan
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News