Toyota Luncurkan Mobil Ev Smart Mobility di Danau Toba, Sandiaga Uno: Ini yang Kedua Setelah Bali

Rabu, 20 Juli 2022 – 17:30 WIB
Toyota Luncurkan Mobil Ev Smart Mobility di Danau Toba, Sandiaga Uno: Ini yang Kedua Setelah Bali - JPNN.com Sumut
Menparekraf Sanidaga Uno didampingi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Bupati Samosir Vandiko T Gultom saat peluncuran Toyota EV Smart Mobility Lake Toba (ANTARA/HO)

sumut.jpnn.com, SAMOSIR - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meluncurkan mobil listrik Toyota EV Smart Mobility Lake Toba di Batu Hoda Beach Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

Sandiaga Uno mengatakan peluncuran mobil listrik merupakan salah satu bentuk dukungan Toyota dalam mendukung program pemerintah untuk menunjang wisata ramah lingkungan guna menetralisir karbon dan menuju nol karbon pada 2060.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada pihak Toyota yang meluncurkan EV Smart Mobility Project di salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas yaitu Kabupaten Samosir yang merupakan kabupaten kedua peluncuran mobil listrik setelah Nusa Dua Bali," kata Sandiaga di Samosir, Sumut, Rabu (20/7).

Menparekraf Sandi menarget dapat menurunkan emisi karbon 50 persen di sektor pariwisata pada tahun 2030 dan net zero pada 2050, atau lebih cepat 10 tahun dari target nasional yakni 2060.

Dia menyampaikan berdasarkan data World Economic Forum (WEF), indeks pariwisata Indonesia saat ini berada di peringkat 32 dunia. Yang mana salah satu indikatornya mengenai kelestarian lingkungan.

"Dalam hal ini kita harus benar-benar mendorong upaya tersebut karena yang menjadi tolak ukur adalah ramah lingkungan, untuk itu kita harus mendukung upaya-upaya penurunan polusi udara dengan project Toyota EV Smart Mobility Lake Toba," ungkap Sandiaga Uno.

Sementara Bupati Samosir Vandiko T Gultom mengatakan pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Menteri Pariwisata dan pihak Toyota yang telah memilih Samosir sebagai pilot project (proyek rintisan) mobil listrik di kawasan Danau Toba guna mendukung kelestarian lingkungan.

Vandiko menyatakan Pemerintah Kabupaten Samosir akan selalu mendukung segala investasi untuk membantu pengembangan pariwisata yang dapat memberikan nilai positif dalam peningkatan ekonomi masyarakat.(antara/jpnn)

Toyota luncurkan mobil listrik EV Smart Mobility Lake Toba di Kabupaten Samosir, Danau Toba, untuk mendukung pariwisata yang ramah lingkungan

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News