Prakiraan Cuaca Sumut Hari Ini, BMKG Minta Warga Sumut Mewaspadai Wilayah Pegunungan

Senin, 11 Juli 2022 – 15:30 WIB
Prakiraan Cuaca Sumut Hari Ini, BMKG Minta Warga Sumut Mewaspadai Wilayah Pegunungan - JPNN.com Sumut
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prakiraan cuaca hari ini, Senin (11/7) di wilayah Sumatera Utara. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyamapaikan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara (Sumut) hari ini, Senin (11/7).

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Martha R. Manurung mengingatkan masyarakat Sumatera Utara untuk mengantisipasi potensi hujan lebat di kawasan pegunungan.

"Waspada hujan lebat di pegunungan dan lereng barat yang dapat berpotensi mengakibatkan longsor dan banjir," kata Martha R. Manurung.

Martha menjelaskan secara umum cuaca di Sumut pada Senin siang berawan kecuali di Kabupaten Dairi, Pakpak Bharat, Toba, Karo, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, dan sekitarnya, diprediksi akan diguyur hujan sedang.

Sedangkan beranjak malam, sejumlah wilayah di Sumut berpotensi diguyur hujan ringan, yakni di Kepulauan Nias, Langkat, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Samosir, Tapanuli Tengah.

Kemudian, hujan ringan diprakirakan akan mengguyur Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan dan dan sekitarnya.

BMKG memprediksi suhu udara berada di 17.0-33.0 derajat Celsius dengan kelembapan udara 60-98 persen.

Sememtara angin diprediksi berhembus dari Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan 5-30 kilometer per jam.(antara/jpnn)

BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara (Sumut). Warga diminta mewaspadai potensi hujan ebat di wilayah pegunungan

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia