Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Beryukur: Tiga Tahun Kita Tidak Impor, Alhamdulillah

Kamis, 07 Juli 2022 – 15:04 WIB
Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Beryukur: Tiga Tahun Kita Tidak Impor, Alhamdulillah - JPNN.com Sumut
Presiden Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara puncak perayaan Hari Keluarga Nasional ke-29 di Lapangan Merdeka Medan, Kamis (7/7). Foto: Finta Rahyuni/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi mengajak masyarakat bersyukur bahwa harga kebutuhan pangan di Indonesia tidak mahal, padahal saat ini sedang terjadi gejolak rantai pasokan pangan di dunia karena konflik Ukraina dan Rusia.

"Bayangkan. Kita ini harus betul-betul bersyukur bahwa negara kita diberikan pangan yang harganya, beras utamanya, tidak naik. Harus kita syukuri betul,” kata Presiden Jokowi di puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-29 Tahun 2022, di Medan, Sumatera Utara, Kamis.

Presiden mengatakan ditengah gejolak rantai pangan dunia, Indonesia masih memiliki produksi pangan khususnya beras yang melimpah.

Bahkan, lanjutnya, sudah tiga tahun Indonesia tidak lagi mengimpor beras dari negara lain. Sebab, stok beras di pasar domestik, kata Presiden, selalu melimpah sehingga tidak memerlukan impor.

"Untungnya, kita ini, Alhamdulillah, rakyat kita utamanya petani masih berproduksi beras, dan sampai saat ini harganya belum naik, semoga tidak naik karena stoknya selalu ada dan sudah tiga tahun kita tidak impor beras lagi," ujar Presiden Jokowi.

"Biasanya kita impor 1,5 juta ton, 2 juta ton. Ini sudah tidak impor lagi. Ini Menteri Pertanian hadir di sini, terima kasih Pak Menteri," tambahnya.

Meski demikian, Jokowi mengingatkan seluruh pihak mewaspadai kondisi rantai pasokan pangan dan energi. Terutama, soal ketersediaan gandum karena Indonesia merupakan produsen gandum pasar dunia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan saat ini dua negara penghasil gandung dunia yakni Rusia dan Ukraina terhambat akibat konflik.

Presiden RI Joko Widodo mengajak masyarakat bersyukur lantaran Indonesia tiga tahun tidak impor karena pasokan yang melimpah
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia