Presiden Jokowi Minta Hormati Putusan MK, Ada Pesan untuk Capres-Cawapres Pemenang, Penting!

Rabu, 24 April 2024 – 13:07 WIB
Presiden Jokowi Minta Hormati Putusan MK, Ada Pesan untuk Capres-Cawapres Pemenang, Penting! - JPNN.com Sumut
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan kepada wartawan di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (24/4). Foto: Antara/Andi Firdaus

sumut.jpnn.com, BANTEN - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi meminta semua pihak menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Pilpres 2024. Dia mengatakan seluruh proses Pemilu 2024 hampir selesai dan sidang sengketa Pilpres telah melahirkan putusan MK.

Hal itu disampaikan Jokowi menyikapi penetapan calon presiden dan wakil presiden terpilih yakni Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka oleh KPU di Jakarta, Rabu hari ini.

"Kita harus menghormati putusan MK sebagai sebuah putusan yang final dan mengikat," kata Presiden Jokowi usai membuka Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD) di Tangerang Selatan, Banten, Rabu (24/4).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut calon presiden dan wakil presiden terpilih yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus mempersiapkan diri agar bisa langsung bekerja setelah dilantik.

"Hari ini KPU menetapkan, artinya apa? (Calon) presiden dan wakil presiden terpilih harus mempersiapkan diri dengan perencanaan-perencanaan yang sudah dikampanyekan untuk masuk nanti setelah pelantikan langsung kerja," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi mengatakan pemerintah akan menyiapkan agar transisi pemerintahan dapat berjalan mulus dan baik, hak tersebut agar calon presiden dan wakil presiden terpilih bisa segera bekerja setelah pelantikan pada Oktober 2024 mendatang.

Transisi pemerintahan itu akan disiapkan apabila diminta oleh calon presiden dan wakil presiden terpilih.

"Kita (pemerintah) itu menyiapkan agar transisinya bisa berjalan mulus dan baik sehingga (calon) presiden dan wakil presiden terpilih bisa langsung bekerja setelah dilantik, kalau itu juga diminta dari (calon) presiden dan wapres terpilih," kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi meminta semua pihak hormati putusan MK dan meminta capres dan cawapres pemenang Pemilu 2024 mempersiapkan diri
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia