Warga Miskin di Medan 21,84 Persen, Legislator Sentil Pemkot Medan: Butuh Kolaborasi

Sabtu, 25 Juni 2022 – 08:00 WIB
Warga Miskin di Medan 21,84 Persen, Legislator Sentil Pemkot Medan: Butuh Kolaborasi - JPNN.com Sumut
Kondisi kehidupan warga di Medan Belawan di tengah Banjir rob yang merendam ratusan rumah di kawasan tersebut. Foto: Dokumentasi pribadi untuk JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Anggota Komisi III DPRD Kota Medan Dhiyaul Hayati menyebut jumlah masyarakat dengan kategori miskin di Medan masih tinggi.

Dia mengatakan berdasarkan data Kementerian Sosial menyebutkan bahwa berdasarkan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) Kota Medan tercatat jumlah rumah tangga sebesar 127.283 jiwa, keluarga 134.807 jiwa, dan individu 537.570 jiwa.

"Ada sekitar 21,84 persen DTKS dengan bahasa lainnya masyarakat miskin kota," ungkapnya, Jumat.

Politikus PKS ini meminta kepada Pemerintah Kota Medan lebih inovatif dan kreatif dalam mengentaskan kemiskinan di kota itu.

Dia mengatakan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun ini mencatat, jumlah total penduduk di Kota Medan sebanyak 2.460.858 jiwa, yang tersebar di 21 kecamatan.

"Saat ini jumlah warga miskin di Kota Medan cukup tinggi. Butuh kolaborasi, terutama kecamatan, kelurahan, dan lingkungan agar lebih cermat melakukan pendataan," kata Dhiyaul.

Legislator yang berprofesi sebagai pedagang ini menyatakan bahwa penanganan yang dilakukan organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemko Medan dalam menurunkan jumlah kemiskinan selama ini belum tepat sasaran.

Dhiyaul Hayati mengatakan semestinya OPD bisa membuat data valid jumlah warga miskin hingga ke tingkat lingkungan, yang diikuti dengan program peningkatan kesejahteraan masyarakat.

DPRD Medan mendesak Pemkot Medan segera mengentaskan kemiskinan di Kota Medan. Berdasarkan DTKS, jumlah warga dalam kategori miskin di Medan 21,84 persen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News