Data Kemiskinan Dinilai Tidak Sesuai Fakta, Wakil Ketua DPRD Medan Sentil Bobby Nasution

Selasa, 21 Juni 2022 – 07:00 WIB
Data Kemiskinan Dinilai Tidak Sesuai Fakta, Wakil Ketua DPRD Medan Sentil Bobby Nasution - JPNN.com Sumut
Kondisi kehidupan warga di Medan Belawan di tengah Banjir rob yang merendam ratusan rumah di kawasan tersebut. Foto: Dokumentasi pribadi untuk JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Legislator meradang saat melihat laporan pertanggungjawaban Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution terkait angka kemiskinan di kota itu.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua DPRD Kota Medan Tengku Bahrumsyah yang menilai data yang disampaikan Pemkot Medan tidak sesuai fakta di lapangan.

"Dalam buku laporan yang disampaikan ke DPRD, tercatat kemiskinan di Kota Medan sebanyak 200 ribu jiwa lebih atau delapan persen," kata Bahrumsyah di Medan, Senin.

Bahrumsyah menyampaikan hal tersebut kepada tim anggaran pemerintah daerah Kota Medan saat pembahasan laporan pertanggungjawaban Wali Kota Medan 2021 di Gedung DPRD Medan.

Politikus PAN ini mengatakan data yang ada dalam laporan pertanggungjawaban Bobby Nasution berbeda dengan jumlah warga miskin dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

Berdasarkan data Dinas Sosial Kota Medan bahwa jumlah warga miskin yang terdata DTKS ada 700.000 jiwa atau 28 persen.

Apalagi, lanjutnya, terdapat 42 keluarahan dari 151 kelurahan di Kota Medan masuk kategori miskin. Empat kecamatan dari 21 kecamatan itu ada di Medan bagian utara.

"Ini sepertinya data copy paste. Jangan malu kita mengakui kondisi sebenarnya," terang Bahrum.

DPRD Kota Medan menyoroti data kemiskinan dari Pemko Medan yang diduga tidak sesuai fakta dan data warga medan di DTKS

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News