Warga Sumut Diminta Waspada, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca

Senin, 06 Juni 2022 – 16:37 WIB
Warga Sumut Diminta Waspada, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca  - JPNN.com Sumut
BMKG mengeluarkan peringatakan dini cuaca hari ini Senin (6/6). Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca di wilayah Sumatera Utara (Sumut) hari ini, Senin (6/6).

Prakirawan BMKG Wilayah I Medan Budi Prasetyo mengatakan cuaca di Sumut hari ini berpotensi diguyur hujan dengan intesitas ringang hingga lebat.

Budi menjelaskan secara umum cuaca di Sumut siang berawan, kecuali di wilayah Langkat, Deli Serdang, Kepulauan Nias, Samosir, Simalungun, Asahan, Medan, Karo, dan Serdang Bedagai, yang diprediksi berpotensi hujan ringan hingga sedang.

Beranjak malam, hujan ringan hingga lebat diprakirakan akan terjadi di wilayah di Kabupaten Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Humbang Hasundutan, Samosir, Simalungun, Pematang Siantar.

Selanjutnya, potensi hujan juga terjadi di Kabupaten Deli Serdang, Toba, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Mandailing Natal, dan Tapanuli Tengah.

Dia mengatakan suhu udara berada pada 17-33 derajat Celsius dengan kelembaban udara 60-98 persen dan angin berhembus dari Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan 10-30 km/jam.

Sementara, kata Budi Prasetyo, pada Senin terpantau empat titik panas di Sumatera Utara. Empat titik tersebut berada di Kabupaten Padang Lawas Utara.

Ke empat titik panas tersebut terpantau berdasarkan pantauan sensor modis melalui Satelit Tera, Aqua, SNPP, dan NOAA20.(antara/jpnn)

BMKG mengeluarkan peringatan dini kondisi cuaca di wilayah Sumatera Utara hari ini. Beberapa wilayah diprakirakan akan diguyur hujan ringan hingga lebat

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia