Bobby Nasution Resmi Larang Praktik Jual Beli Daging Anjing di Medan

Senin, 06 Juni 2022 – 15:53 WIB
Bobby Nasution Resmi Larang Praktik Jual Beli Daging Anjing di Medan - JPNN.com Sumut
Ilustrasi. Anjing-anjing dikerangkeng di Festival Daging Anjing Yulin, Tiongkok. Foto: SCMP

sumut.jpnn.com, MEDAN - Pemerintah Kota (Pemko) Medan mengeluarkan surat edaran soal larangan penjualan daging anjing. Surat Edaran bernomor: 440/4676 tentang Pengawasan terhadap Peredaran dan Perdagangan Daging Anjing itu ditandatangani langsung oleh Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution tertanggal 27 April 2022

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Emilia Lubis membenarkan informasi surat edaran tersebut. Dia mengatakan surat tersebut berisi larangan untuk memperjualbelikan daging anjing secara komersial.

Terlebih menurutnya, anjing merupakan hewan untuk peliharaan, bukan untuk dikonsumsi.

"Daging anjing itu kan bukan dimakan, hewan peliharaan. Di dalam surat himbauan Wali Kota itu, bukan melarang orang makan anjing, tapi tidak boleh diperjualbelikan secara komersial, artinya tidak diperjualbelikan seperti daging lembu, kambing," sebutnya, Senin (6/6).

Tak hanya itu, pertimbangan munculnya surat edaran itu juga dilatarbelakangi resiko terkena penyakit zoonosis yang dapat ditularkan dari hewan, termasuk anjing.

"Kami tak bisa melarang makan anjing. Cuma memang yang kami khawatirkan rabies, zoonosis penyakit dari hewan ke manusia," jelasnya.

Emilia menjelaskan surat edaran tersebut diterbitkan seusai adanya desakan dari salah satu aliansi yang merasa prihatin dengan maraknya peredaran daging anjing.

Meski begitu, dia mengaku pihaknya hingga kini belum menemukan adanya perdagangan anjing di pasar-pasar modern maupun tradisional di Kota Medan.

Pemerintah Kota (Pemko) Medan mengeluarkan surat edaran soal larangan penjualan daging anjing.
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia