Pohon Tumbang Ancam Pengendara, KNPI Medan Soroti Kinerja Anak Buah Bobby Nasution

Kamis, 02 Juni 2022 – 15:10 WIB
Pohon Tumbang Ancam Pengendara, KNPI Medan Soroti Kinerja Anak Buah Bobby Nasution - JPNN.com Sumut
Kondisi pohon tumbang dan menutup ruas jalan di Jalan Gatot Subroto Medan, Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (31/5). Foto: Dokumentasi pribadi untuk JPNN.com.

sumut.jpnn.com, MEDAN - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Medan menyoroti peristiwa pohon tumbang yang menimpa kendaraan dan membahayakan keselamatan pengendara di Kota Medan.

Peristiwa pohon menimpa dua mobil terjadi di Jalan Turi, Kecamatan Medan Kota, Medan, pada Kamis 2 Mei 2022. Pohon besar tersebut menimpa satu unit minibus dan satu mobil pribadi.

Minibus jenis Hi Ace itu mengalami rusak parah setelah pohon menimpa bagian tengah mobil. Sedangkan satu unit mobil pribadi jenis Avanza mengalami kerusakan pada bagian depan lantaran tertimpa ranting.

Peristiwa serupa kembali terjadi pada Selasa 31 Mei 2022 di Jalan Gatot Subroto Medan, saat hujan dan nagin melanda Kota Medan. Pohon tumbang dan menimpa satu unit mobil pribadi. Akibatnya, kendaraan mengalami kerusakan pada bagian belakang.

Ketua KNPI Kota Medan Ryan Achdiral Juskal menilai peristiwa yang dapat membahayakan tersebut tidak boleh hanya dilihat sebagai akibat dari gejala alam.

Lebih jauh, Ryan mengkritisi minimnya upaya yang dilakukan dinas terkait dalam mengantisipasi dampak yang ditimbulkan akibat pohon tumbang.

"Bencana alam tidak bisa diprediksi, akan tetapi bisa diantisipasi. Pada upaya antisipasi ini yang kami melihat tidak dilakukan oleh Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Medan," ujarnya.

Menurut alumnus FISIP Universitas Sumatera Utara (USU) ini, ada tugas dan fungsi dari dinas tersebut untuk merawat dan melakukan pemeliharaan sehingga tidak menyebabkan kerugaian materiel bahkan ancaman keselamatan jiwa warga yang melintas.

KNPI Medan mendesak Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution mengevaluasi kinerja Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan terkait fenomena pohon tumbang
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia