Gawat, 550 Anak di Medan Alami Stunting, Hanya Satu Kecamatan yang Nol Kasus

Rabu, 01 Juni 2022 – 21:56 WIB
Gawat, 550 Anak di Medan Alami Stunting, Hanya Satu Kecamatan yang Nol Kasus - JPNN.com Sumut
Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama sejumlah OPd saat kegiatan Rembuk Penanganan Stunting di Kota Medan, Selasa (31/5). Foto: Dinas Kominfo Medan

sumut.jpnn.com, MEDAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Medan melakukan analis situasi terkait kondisi persebaran jumlah anak yang mengalami gagal tumbuh akibat kekurangan gizi di 21 kecamatan di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Hasilnya, hanya satu kecamatan yang bebas dari stunting.

Kecamatan yang bebas stunting itu yakni, Kecamatan Medan Baru. Sementara, kasus stunting tertinggi berada di Kelurahan Pulau Sicanang, Kecamatan Medan Belawan.

“Kecamatan dengan jumlah balita stunting tertinggi yaitu Medan Belawan, Kelurahan Pulau Sicanang," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Medan Benny Iskandar dalam kegiatan Rembuk Penanganan Stunting di Kota Medan, Selasa (31/5).

Benny mengatakan berdasarkan laporan yang diterimanya, hingga Februari 2022 terdapat 550 anak yang menderita stunting. Jumlah tersebut tersebar di 20 kecamatan di Kota Medan.

Pemko Medan, kata Benny, telah mengidentifikasi kendala dan rekomendasi terkait 29 cakupan layanan essensial dan 35 cakupan layanan supply dengan sasaran meliputi remaja, calon pengantin/pasangan usia subur, ibu hamil, anak usia di bawah lima tahun (balita) dan keluarga beresiko stunting.

Hasilnya menunjukkan empat kategori yakni beberapa cakupan layanan sudah memadai, hampir memadai, rendah, sangat rendah.

Benny mengungkapkan kendala pencapaian cakupan layanan, antara lain ketersediaan data yang belum akurat dan memadai serta belum adanya program atau kegiatan mendukung pencapaian cakupan layanan.

Hal ini disebabkan karena indikator cakupan layanan yang baru di tahun 2022, seperti remaja putri yang menerima pemeriksaan status anemia, calon pengantin mengonsumsi tablet tambah darah, pasangan usia subur yang menerima bantuan tunai bersyarat, dan sebagainya.

Dari total 21 kecamatan di Kota Medan, Sumut, ternyata hanya satu kecamatan yang bebas dari kasus gagal tumbuh akibat kekurangan gizi pada anak atau stunting.
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia