Sicanang Jadi kelurahan dengan Kasus Stunting Terbanyak, Begini Langkah Lurahnya

Selasa, 31 Mei 2022 – 20:20 WIB
Sicanang Jadi kelurahan dengan Kasus Stunting Terbanyak, Begini Langkah Lurahnya - JPNN.com Sumut
Lurah Sicanang Deby Fauziah seusai rapat rembuk stunting di Kota Medan, Selasa (31/5). Foto: Dokumentasi pribadi untuk JPNN Sumut

sumut.jpnn.com, MEDAN - Kelurahan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Medan, menjadi salah satu kelurahan terbanyak  kasus gagal tumbuh akibat kekurangan gizi pada anak alias stunting, dibandingkan daerah lainnya.

Lurah Sicanang Deby Fauziah mengatakan berdasarkan data hingga April 2022 ada sebanyak 67 anak yang menderita stunting di kelurahan yang dipimpinnya itu.

"Per April ada 67 anak," ujarnya seusai rapat rembuk stunting di Medan, Selasa (31/5).

Deby mengaku tingginya angka penderita stunting pada anak di daerahnya disebabkan karena faktor ekonomi. Untuk itu, dia telah menyiapkan sejumlah langkah-langkah untuk memperbaiki ekonomi masyarakat di Kelurahan Sicanang.

Misalnya, dengan memberikan pelatihan peningkatan ekonomi kepada keluarga dari kalangan menengah ke bawah. Untuk pelatihan itu, pihaknya menganggarkan dana sekitar Rp 100 juta.

"Tahun ini kami akan mengadakan pelatihan lagi ibu-ibu yang memiliki balita stunting yang dari keluarga menengah ke bawah, agar mendapatkan pelatihan agar bisa meningkat perekonomian keluarganya," kata Deby.

Salah satunya, kata Deby, dengan memberikan pelatihan pengolahan ikan bandeng. Pasalnya, Kelurahan Sicanang merupakan penghasil ikan bandeng dengan jumlah yang cukup banyak.

"Bandeng itu sendiri merupakan olahan ikan yang memiliki gizi yang sangat tinggi. Kami berharap dari bandeng itu sendiri bisa meningkatkan gisi anak-anak terutama di Kelurahan Sicanang," ujarnya.

Kelurahan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Medan, menjadi salah satu kelurahan terbanyak yang mengalami kasus gagal tumbuh akibat kekurangan gizi pada anak al
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News